Pengaruh Fear Of Missing Out, Live Streaming dan Flash Sale Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Impor di E-Commerce

Main Article Content

Putri Elviana
Siti Komariah Hildayanti
Shafiera Lazuarni

Abstract

Produk kecantikan memiliki potensi besar untuk dipasarkan melalui media platfrom e-commerce agar para konsumen dapat menjangkau produk lebih luas baik itu impor maupun lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fear of missing out, Live streaming dan Flash sale terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kecantikan Impor di e-commerce.


Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bantuan Program SPSS versi 25. Penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang pernah melihat live streaming dan yang pernah membeli produk kecantikan impor di e-commerce. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Hair et., al (2019). Dengan jumlah responden sebanyak 140 orang.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Fear of missing out secara persial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Variabel Live streaming dan Flash sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Secara simultan variabel Fear of Mising Out, Live streaming dan Flash sale berpengaruh terhadap Minat Beli konsumen pada produk kecantikan impor di e-commerce. Koefisien Korelasi (R) sebesar 0,861 yang menunjukan hubungan kuat antar variabel dan Koefisien Determinasi (R2) sebesar 74,2% dan sisanya 25,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui.

Article Details

How to Cite
Elviana, P., Siti Komariah Hildayanti, & Shafiera Lazuarni. (2024). Pengaruh Fear Of Missing Out, Live Streaming dan Flash Sale Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Impor di E-Commerce. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1318–1329. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2311
Section
Articles

References

Banirestu. 2023. “Siasat Menekan Dominasi Produk China Di Indonesia.” Swa.Co.Id.

Cai, Jie & Whon, Yvette Donghe. 2019. Live Streaming Commerce: Uses and Gratifications Approach to Understanding Consumers Motivations. Proceedings of the Annual Hawaii Internasional Conference on System Sciences.

Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati. 2020. “Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Perilaku Impulsive Buying.” Journal of Economic Education and Entrepreurship Studies, 58–64.

Ferdinand, August. 2014. Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. Jawa Tengah.

Hildayanti, Siti Komariah, Yuniarti Eva Utami, Laili Savitri Noor, Rossganda Elizabeth, and Musran Munizu. 2023. “Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Melalui Aplikasi Shopee.” Edunomika 8 (1): 1–9.

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management (15th Ed).

Ratnaningsih, Y. R., & Halidy. A. El. 2022. “Pengaruh FoMO, Kesenangan Berbelanja Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Di e-Commerce Shopee Pada Waktu Harbolnas.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 11 (3): 1477–87.

Riadi, M. 2022. “Fear of Missing out (FoMo)- Pengertian, Aspek, Dampak Dan Faktor Yang Mempengaruhi.” Kajian Pustaka. 2022.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Zhang, Z., Zhang, N.,, & Wang, J. 2022. “The Influencing Factors on Impluse Buying Behavior of Consumers.” School Of Economics and Management, Shanxi University, Taiyuan 030006, China, 1–19.

Most read articles by the same author(s)