Pengaruh Frugal Living, Harga dan E-WoM Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee

Main Article Content

Rana Salsabilah
Siti Komariah Hildayanti
Shafiera Lazuarni

Abstract

E-Commerce dapat membantu masyarakat menjangkau pasar yang jauh lebih luas hanya dengan menggunakan teknologi internet yang ada tanpa harus meluangkan waktu, tempat dan tenaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Frugal Living, Harga dan E-WoM terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee secara parsial maupun simultan.


Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bantuan SPSS versi 26. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah model regresi linear berganda. Teknik penentuan sampel menggunakan Convenience Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen pengguna aplikasi Shopee di Kota Palembang. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Hair et., al diperoleh 150 responden.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Frugal Living, Harga dan E- WoM masing-masing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh Frugal Living, Harga dan E-WoM terhadap Keputusan Pembelian secara simultan 68,8% dan sisanya 31,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Frugal Living, Harga dan E-Wom berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi Shopee.

Article Details

How to Cite
Salsabilah, R., Siti Komariah Hildayanti, & Shafiera Lazuarni. (2024). Pengaruh Frugal Living, Harga dan E-WoM Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1220–1230. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2305
Section
Articles

References

Hildayanti, S. K., & Satriyani, I. T. (2022). Strategi Promosi Melalui Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus UMKM RM Sate Taichan Senayan Palembang ). 10, 149–158.

Kotler, P., & Amstrong, G. P. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Lase. L. K. 2023. Alasan Masyrakat Indonesia Memilih Metode Belanja Online. Bekasi: GoodStats.

Puranda, R., N. dan P. N. Madiawati. 2017. Pengaruh Perilaku Konsumen dan Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Bandung: Majalah Bisnis dan IPTEK.

Rosyadi. 2023. Ramai Perbincangan Penerapan Frugal Living, Simak Penjelasannya Menurut Dosen Ekonomi UIR. RIAN: UIN Rian.

Sugiyono. 2020. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. 2020. Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andy.

Most read articles by the same author(s)