Pengaruh Atribut Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Palembang

Main Article Content

Putri Cintya Pratiwi
Siti Komariah Hildayanti
Shafiera Lazuarni

Abstract

Perkembangan Smartphone di Indonesia berkembang dengan pesat dan membawa perubahan dan kemudahan bagi masyarakat untuk saling terhubung. Persaingan pasar yang semakin ketat membuat Samsung harus bersaing dan memperlihatkan keunggulan produknya untuk merebut perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung di Kota Palembang secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah model regresi linear berganda. Teknik Sampling menggunakan Convenince Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna Smartphone Samsung di Kota Palembang. Sampel menggunakan Rumus Hair, et., al diperoleh jumlah 160 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara atribut produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh atribut produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian secara simultan 72,2% dan sisanya 27,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya atribut produk, harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung.

Article Details

How to Cite
Putri Cintya Pratiwi, Hildayanti, S. K., & Shafiera Lazuarni. (2024). Pengaruh Atribut Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Palembang . JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1209–1219. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2296
Section
Articles

References

Buchari. 2020. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Simamora, H. 2018. Paduan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong, G. P. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Laksana, F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: CV Al Fath Zumar.

Marhamah, M., Hildayanti, S. K., & Purnamasari, E. D. (2023). Pengaruh Promosi , Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Klinik Kecantikan di Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(3), 120–131.

Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andy.

Valerina, G. 2020. Bagaimana Samsung Bisa Menjadi Global Brand? Yuk, Pelajari Strategi Pemasarannya! Koinworks. https://koinworks.com/blog/bagaimana-samsung-bisa-menjadi-global-brand-yuk-pelajari-strategi-pemasarannya/.

Yusuf, A. 2021. The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest Internasional Research and Critics Institude Journal (BIRCI-Journal, 2 (1), 472–481.