Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Banda Baru Palembang

Main Article Content

Dzakie Haikal Azizi
Siti Komariah Hildayanti
Mohammad Kurniawan

Abstract

Perkembangan industri ritel di Indonesia semakin pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perubahan gaya hidup masyarakat. Semakin baik kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan membawa dampak kepuasan dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Toko Banda Baru Palembang secara parsial maupun simultan.


Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bantuan SPSS versi 26. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Toko Banda Baru Palembang. Sampel menggunakan rumus Lemeshow diperoleh jumlah 96 responden. Skala pengukuran menggunakan Skala Likert. Teknik Sampling menggunakan Accidental Sampling.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Besarnya pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara simultan 40,2% dan sisanya 59,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Banda Baru Palembang.

Article Details

How to Cite
Azizi, D. H., Siti Komariah Hildayanti, & Mohammad Kurniawan. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Banda Baru Palembang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1292–1303. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2309
Section
Articles

References

Abadi, F., & Herwin. 2019. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik Di Jakarta.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) 4 (1): 1–8.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Lianardi, W., & Chandra, S. 2019. “Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni Pekanbaru.” Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis 4 (1): 45–58.

Malau. 2017. Manajemen Pemasaran, Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Napitupulu, F. 2019. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa.” Kinerja 16 (1): 1–9.

Prasetyo, R., & Arista, A. 2018. “Penerapan Kualitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Oleh Konsumen Pada PT. Putera Karyasindo Prakarsa Batam.” Jurnal Ilmiah Manajemen 6 (2): 70–76.

Setianto, R., & Fuady. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Yamaha Indonesia Motor Cabang Semarang.” Jurnal Ekonomi Akuntansi 25 (45).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yeni, Hildayanti, S. K., & Ulum, M., K. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kesesuaian Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina.” Jurnal Manajemen 11 (2).