Penilaian Efektivitas Sistem Perekrutan Dan Seleksi Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Pt. Bitumen Marasende

Main Article Content

Derati Puspita Sari
Desy Sandy
Baharuddin
Mira Labi Bandhaso
Djusniati Rasinan

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi sistem perekrutan dan seleksi karyawan di PT. Bitumen Marasende dengan fokus pada praktik, tantangan, dan tren dalam manajemen sumber daya manusia. Melalui wawancara dengan tiga informan kunci, yaitu Junita Patampang (HRD), Andi Fakhri, dan Muhammad Asrul (staf), kami mendapatkan wawasan mendalam tentang proses perekrutan dan seleksi yang efektif. Kesesuaian budaya dan nilai-nilai perusahaan, penggunaan teknologi dalam proses seleksi, serta upaya menciptakan lingkungan kerja inklusif dan beragam, adalah beberapa temuan utama. Selain itu, pentingnya pengembangan karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka dan strategi menghadapi persaingan ketat di pasar tenaga kerja juga ditekankan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya adaptasi praktik perekrutan sesuai dengan konteks geografis dan ekonomi perusahaan. Implikasi dari penelitian ini mencakup pentingnya kesesuaian budaya, penggunaan teknologi, kesetaraan, dan inklusi dalam praktik perekrutan di berbagai sektor dan wilayah. Penelitian ini memberikan perspektif yang lebih luas tentang manajemen sumber daya manusia yang efektif dan inklusif, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengambilan kebijakan yang lebih baik di tingkat nasional dan regional.

Article Details

How to Cite
Derati Puspita Sari, Sandy, D., Baharuddin, Mira Labi Bandhaso, & Djusniati Rasinan. (2024). Penilaian Efektivitas Sistem Perekrutan Dan Seleksi Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Pt. Bitumen Marasende. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 136–142. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1793
Section
Articles

References

Adhari, I. Z. (2021). Optimalisasi kinerja karyawan menggunakan pendekatan knowledge management & motivasi kerja (Vol. 1). CV. Penerbit Qiara Media.

Aulia, A. F. (2019). Analisis pelaksanaan rekrutmen dan seleksi calon karyawan baru di RSIA Kendangsari Merr Surabaya. Medical Technology and Public Health Journal, 3(2), 107–119.

Hanggraeni, D. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Universitas Indonesia Publishing.

Lilistian, Y. (2022). PELAKSANAAN REKRUTMEN, SELEKSI, DAN KETEPATAN PENEMPATAN KARYAWAN. FOKUS: Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 20(1).

Mahatmyo, A. (2014). Sistem informasi akuntansi suatu pengantar. Deepublish.

Mariantha, H. I. N. (2018). Manajemen Biaya: Cost Management (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya.

Muryani, E., Sulistiarini, E. B., Prihatiningsih, T. S., Ramadhana, M. R., Heriteluna, M., Maghfur, I., Hastuti, P., Ahdiyat, M., Desembrianita, E., & Purnomo, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. UNISMA PRESS.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3–4.

Rai, N., & Thapa, B. (2015). A study on purposive sampling method in research. Kathmandu:Kathmandu School of Law, 1–12. http://stattrek.com/survey-research/sampling-methods.aspx?Tutorial=AP,%0Ahttp://www.academia.edu/28087388

Ramadhani, M. A., Setiawan, Z., Fadhilah, N., Adisaputra, A. K., Sabarwan, D. N., Maranjaya, A. K., & Tawil, M. R. (2023). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA: Mengoptimalkan Potensi dan Kinerja Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Sasangka, I., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengembangan Model Seleksi Dalam Upaya Membentuk Integritas & Independensi Anggota Kpu Kabupaten/Kota. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 95–115.

Supatmi, M. E., Nimran, U., & Utami, H. N. (2013). Pengaruh pelatihan, kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1).

Suprihanto, J., & Putri, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. UGM PRESS.

Wonua, A. R., Widiana, I. N. W., Mangkay, S. D., Baali, Y., Hadiyati, R., Simarmata, N., Mailangkay, A. B. L., Langi, M. J. J., Mose, Y., & Belani, S. (2023). MANAJEMEN KINERJA: PENDEKATAN SDM. Get Press Indonesia.

Most read articles by the same author(s)