Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Divisi Pemasaran PT Fastrata Buana Cabang Cianjur)

Main Article Content

Rizal Aji Darmawan
Ridlwan Muttaqin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya Kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Divisi Pemasaran PT. Fastrata Buana Cabang Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data dikumpulkan dari dua sumber, yaitu data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, serta data sekunder. Sampel penelitian terdiri dari 42 orang karyawan, yang dipilih dengan menggunakan metode sampel jenuh. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan beberapa teknik statistik seperti analisis deskriptif, analisis verifikatif, analisis jalur (path analysis), analisis koefisien determinasi, serta uji hipotesis baik secara individu (parsial) maupun secara keseluruhan (simultan) dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja, motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, gaya kepemimpinan dan motivasi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi tidak berpengaruh signifkan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, gaya kepemimpinan, motivasi, dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.

Article Details

How to Cite
Darmawan, R. A., & Ridlwan Muttaqin. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Divisi Pemasaran PT Fastrata Buana Cabang Cianjur). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2795–2805. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1733
Section
Articles

References

Adami, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Praktik, dan Penelitian (Edisi Pertama). Makassar: Unimal Press.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep, dan Indikator. Bangka: Zanafa Publishing.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gunawan, C. (2019). Mahir Menguasai SPSS: Mudah Mengelola Data dengan IBM SPSS Statistic 25. Yogyakarta: Deepublish.

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 23). Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 14). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muttaqin, R., & Saputro, A. H. (2023). The Effect Of Job Description And Compensation On Employee Performance At PT Mettana, Bandung City. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1440.

Riduwan., & Kuncoro. E. A. (2017). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P. (2015). Perilaku Organisasi (Edisi 15). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 8). Jakarta: Kencana.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (Edisi 5). Depok: Rajagrafindo Persada.

Most read articles by the same author(s)