Sistem Penyuluhan Pangan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh

Main Article Content

Hamimi
Irma Farnita

Abstract

Penyuluhan pangan menjadi salah satu upaya Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Sistem penyuluhan pangan yang efektif dan efisien perlu diimplementasikan oleh badan ini. Pemanfaatan teknologi komputer dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses penyuluhan pangan. Selain itu, motivasi kerja yang tinggi juga dapat membantu peningkatan kinerja pegawai dan keberhasilan sistem penyuluhan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem penyuluhan pangan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh, serta hubungannya dengan motivasi kerja dan pemanfaatan teknologi komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penyuluhan pangan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh masih dilakukan secara manual, dengan kurangnya pemanfaatan teknologi komputer. Selain itu, terdapat rendahnya motivasi kerja pegawai dalam menjalankan tugas penyuluhan pangan. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam sistem penyuluhan pangan dengan memanfaatkan teknologi komputer dan peningkatan motivasi kerja pegawai. Kesimpulannya, pemanfaatan teknologi komputer dan peningkatan motivasi kerja pegawai dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem penyuluhan pangan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh. Oleh karena itu, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh perlu meningkatkan penggunaan teknologi komputer dan memberikan motivasi kerja yang cukup bagi pegawai dalam menjalankan tugas penyuluhan pangan.

Article Details

How to Cite
Hamimi, & Farnita, I. (2019). Sistem Penyuluhan Pangan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 4(1), 45–52. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/981
Section
Articles

References

Amri, K. (2017). Analisis pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan: Data panel 8 provinsi di Sumatera. Jurnal EMT Kita, 1(1), 1-11.

Amri, K. (2017). Indek harga konsumen dan belanja modal terhadap indek perilaku korupsi. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, 8(1), 49-65.

Amri, K. (2018). Is there causality relationship between economic growth and income inequality?: Panel data evidence from Indonesia. Eurasian Journal of Economics and Finance, 6(2), 8-20.

Fatchiya, A., & Amanah, S. (2016). Penerapan inovasi teknologi pertanian dan hubungannya dengan ketahanan pangan rumah tangga petani. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 190-197.

Khairul, A. M. R. I. (2018). The macroeconomic impact of regional minimum wages: A cross-province data evidence from Indonesia. Regional Science Inquiry, 10(3), 163-176.

Mukhtar, M., & Wali, M. (2014). Sistem Harga Pokok Produksi dengan Pendekatan Job Order Costing dan Pengaruhnya Terhadap Laba Usaha. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 2(2), 345-355.

Rizal, S., & Wali, M. (2018). Perbankan Komputer: Teori dan Praktikum. Deepublish.

Rachmat, M. (2015). Percepatan pembangunan pangan menuju pencapaian ketahanan pangan yang mandiri dan berdaulat.

Tarigan, D. N., & Warongan, J. D. (2016). Evaluasi Efektivitas Penerapan Sistem Dan Prosedur Pengeluaran Kas Pada Badan Pelaksana Penyuluhan Dan Ketahanan Pangan Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Wali, M. (2015). Kualitas Pelayanan Medis dan Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 3(1), 554-567.

Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.

Wali, M. (2017). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic. NET 2015 Teori dan Praktikum: Indonesia (Vol. 1). KITA Publisher.

Wali, M. (2018). Add-ins Microsoft Office: Add-ins Microsoft Office (Vol. 1). Kita Publisher.

Wali, M., & Ahmad, L. (2017). Perancangan Aplikasi Source code library Sebagai Solusi Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), 39-47.

Wali, M., & Ahmad, L. (2018). Perancangan Access Open Journal System (AOJS) dengan menggunakan Framework Codeigniter dan ReactJs. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2(1), 48-56.

Wali, M., & Safrizal, S. (2018). Similar text sebagai Pengkodean Aplikasi Plagiarisme. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2(1), 11-19.

Oelviani, R., & Utomo, B. U. D. I. (2015). Sistem pertanian terpadu di lahan pekarangan mendukung ketahanan pangan keluarga berkelanjutan: Studi kasus di Desa Plukaran, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon, 1(5), 1197-1202.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>