Tata Cara Pemrosesan Surat Menyurat pada Dinas Bina Marga Aceh

Main Article Content

Imam Aulia Putra
Irma Farnita
Irwan Sahputra

Abstract

Dalam operasional sehari-hari Dinas Bina Marga Aceh, sistem pengelolaan surat menyurat sangat penting untuk mendukung kelancaran tugas-tugas administratif. Proses pemrosesan surat menyurat yang baik akan mempercepat pengambilan keputusan dan meminimalkan kesalahan pengarsipan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menerapkan sistem pengelolaan surat menyurat yang efektif dan efisien. Dalam hal ini, teknologi komputer dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem pengelolaan surat menyurat dengan memanfaatkan aplikasi atau software khusus. Selain itu, kemampuan kerja karyawan dalam hal penguasaan teknologi dan penggunaan software sangat diperlukan agar dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal. Kesadaran kerja juga berperan penting dalam sistem pengelolaan surat menyurat. Karyawan yang memiliki kesadaran kerja yang tinggi akan lebih memperhatikan setiap detail dalam pemrosesan surat menyurat sehingga dapat menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian dalam pengarsipan surat. Selain itu, motivasi karyawan juga penting dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam memproses surat menyurat. Dalam sistem pengelolaan surat menyurat di Dinas Bina Marga Aceh, tata cara pemrosesan surat harus diikuti dengan baik dan benar untuk menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian dalam pengarsipan. Setiap surat harus diberi nomor urut dan dicatat dalam buku register untuk memudahkan dalam pencarian. Proses pembuatan surat juga harus dilakukan dengan jelas dan sistematis agar dapat mempercepat proses pengambilan keputusan. Dalam hal ini, penggunaan teknologi komputer dan software dapat membantu memudahkan proses pembuatan dan pengarsipan surat menyurat. Karyawan yang terampil dalam menggunakan teknologi ini akan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam sistem pengelolaan surat menyurat. Oleh karena itu, perusahaan perlu memberikan pelatihan dan pendidikan tentang teknologi dan penggunaan software kepada karyawan untuk meningkatkan kemampuan kerja dan kesadaran kerja mereka.

Article Details

How to Cite
Putra, I. A., Farnita, I., & Sahputra, I. (2018). Tata Cara Pemrosesan Surat Menyurat pada Dinas Bina Marga Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 3(1), 14–22. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/968
Section
Articles

References

Amri, K. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pengguna layanan perawatan kecantikan. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 1(1), 10-21.

Amri, K. (2012). Optimalisasi Produksi dan Maksimasi Keuntungan pada Aceh Furniture. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1).

Amri, K. (2012). Pengaruh kemampuan kerja, komunikasi, kekompakkan tim kerja dan kepemimpinan terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan Inspektorat Aceh. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 2(2).

Amri, K. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen surat kabar Harian Serambi Indonesia di kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 229-242.

Utami, A. W., & Pradana, P. W. (2015). Sistem Informasi Surat Menyurat Untuk Mahasiswa Berbasis Web (Studi Kasus: Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Manajemen Informatika, 4(02).

Amri, K. (2013). Pengaruh keadilan organisasional, kepercayaan pada atasan terhadap perilaku kewargaan organisasi (organizational citizenship behavior). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 56-73.

Amri, K. (2013). Persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan Pendidikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia (AMIKI) Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 118-139.

Hidayat, S., & Jumiatun, U. (2017). Prosedur Pengelolaan Surat Untuk Memperlancar Proses Penyampaian Informasi Pada Kantor Kecamatan Pamulang. Jurnal Sekretari, 3(1), 83-115.

Amri, K. (2014). Infrastruktur transportasi dan kepadatan penduduk dampaknya terhadap pendapatan per kapita: Panel Data Evidence dari sembilan provinsi di Sumatera. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(2), 438-450.

Amri, K. (2015). Pengaruh perilaku kepemimpinan dan motivasi dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan PT Bank Sinarmas Tbk cabang Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 522-536.

Amri, K. (2016). Perceived Risk and Intention to Revisit: Peran Cognitive Image dan Affective Image Sebagai Intervening Variable. Samudera Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 447-460

Amri, K. (2017). Analisis pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan: Data panel 8 provinsi di Sumatera. Jurnal EMT Kita, 1(1), 1-11.

Amri, K. (2017). Indek harga konsumen dan belanja modal terhadap indek perilaku korupsi. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, 8(1), 49-65.

Amri, K., & Aimon, H. (2017). Pengaruh pembentukan modal dan ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Economac, 1(1), 1-16.

Amri, K., & Surya, J. (2013). Kajian Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Internet Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Student Behaviour Study in Internet Using With the Approach of Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol, 3(1), 67-80.

Lestariningsih, E. (2016). Rancang Bangun E-Office Administrasi Surat Di Bagian Humas Universitas Stikubank Semarang.

Iskandar, D., & Amri, K. (2014). Pengaruh daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi produk mie instan merek Indomie Goreng Cabe Ijo. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(1), 424-437.

Mukhtar, M., & Wali, M. (2014). Sistem Harga Pokok Produksi dengan Pendekatan Job Order Costing dan Pengaruhnya Terhadap Laba Usaha. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 2(2), 345-355.

Rizal, S., & Wali, M. (2013). Dimensi Kesadaran Merek dan Keputusan Konsumen Memilih Hermes Palace Hotel di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 1(1), 27-41.

Wali, M. (2015). Kualitas Pelayanan Medis dan Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 3(1), 554-567.

Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.

Wali, M. (2017). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic. NET 2015 Teori dan Praktikum: Indonesia (Vol. 1). KITA Publisher.

Wali, M., & Ahmad, L. (2017). Perancangan Aplikasi Source code library Sebagai Solusi Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), 39-47.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>