Peranan Komputer dalam Menunjang Efektivitas dan Efisiensi Kinerja Pegawai pada Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh

Main Article Content

WInda Rosa
Irma Farnita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peranan komputer dalam menunjang efektivitas dan efisiensi kinerja pegawai pada Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, serta hubungannya dengan motivasi kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer dalam menjalankan tugas sehari-hari dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja pegawai. Selain itu, motivasi kerja juga memainkan peranan penting dalam mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam pemanfaatan teknologi komputer. Pegawai yang termotivasi cenderung lebih produktif dan cenderung lebih mampu dalam memanfaatkan teknologi komputer untuk meningkatkan kinerja mereka. Namun, ditemukan juga beberapa kendala dalam penggunaan teknologi komputer, seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan program komputer, serta kurangnya dukungan dari pihak manajemen dalam memberikan pelatihan dan pengembangan teknologi informasi kepada pegawai. Dalam kesimpulannya, peranan komputer dalam menunjang efektivitas dan efisiensi kinerja pegawai pada Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh sangat penting, namun motivasi kerja juga menjadi faktor kunci dalam memaksimalkan manfaat teknologi komputer. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari manajemen untuk memberikan pelatihan dan pengembangan teknologi informasi yang berkelanjutan kepada pegawai.

Article Details

How to Cite
Rosa, W., & Farnita, I. (2018). Peranan Komputer dalam Menunjang Efektivitas dan Efisiensi Kinerja Pegawai pada Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 3(2), 94–102. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/976
Section
Articles

References

Astuti, N. M. M. P., & Dharmadiaksa, I. B. (2014). Pengaruh efektivitas penerapan sistem informasi akuntansi, pemanfaatan dan kesesuaian tugas pada kinerja karyawan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(2), 373-384.

Arif, L. F., & Putra, I. S. (2016). Peranan Audit Internal Untuk Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Persediaan Obat–Obatan Pada Rumah Sakit Umum Aminah Blitar. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 3(1).

Amri, K. (2014). Infrastruktur transportasi dan kepadatan penduduk dampaknya terhadap pendapatan per kapita: Panel Data Evidence dari sembilan provinsi di Sumatera. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(2), 438-450.

Amri, K. (2015). Pengaruh perilaku kepemimpinan dan motivasi dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan PT Bank Sinarmas Tbk cabang Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 522-536.

Amri, K. (2016). Perceived Risk and Intention to Revisit: Peran Cognitive Image dan Affective Image Sebagai Intervening Variable. Samudera Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 447-460

Amri, K. (2017). Analisis pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan: Data panel 8 provinsi di Sumatera. Jurnal EMT Kita, 1(1), 1-11.

Amri, K. (2017). Indek harga konsumen dan belanja modal terhadap indek perilaku korupsi. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, 8(1), 49-65.

Amri, K. (2018). Is there causality relationship between economic growth and income inequality?: Panel data evidence from Indonesia. Eurasian Journal of Economics and Finance, 6(2), 8-20.

Amri, K., & Aimon, H. (2017). Pengaruh pembentukan modal dan ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Economac, 1(1), 1-16.

Amri, K., Qurratul'aini, I., & Julianty, J. (2018). Preferensi Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 31-41.

Iskandar, D., & Amri, K. (2014). Pengaruh daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi produk mie instan merek Indomie Goreng Cabe Ijo. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(1), 424-437.

Khairul, A. M. R. I. (2018). The macroeconomic impact of regional minimum wages: A cross-province data evidence from Indonesia. Regional Science Inquiry, 10(3), 163-176.

Mukhtar, M., & Wali, M. (2014). Sistem Harga Pokok Produksi dengan Pendekatan Job Order Costing dan Pengaruhnya Terhadap Laba Usaha. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 2(2), 345-355.

Rizal, S., & Wali, M. (2018). Perbankan Komputer: Teori dan Praktikum. Deepublish.

Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, computer self efficacy, dan kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63-75.

Wali, M. (2015). Kualitas Pelayanan Medis dan Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 3(1), 554-567.

Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.

Wali, M. (2017). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic. NET 2015 Teori dan Praktikum: Indonesia (Vol. 1). KITA Publisher.

Wali, M. (2018). Add-ins Microsoft Office: Add-ins Microsoft Office (Vol. 1). Kita Publisher.

Wali, M., & Ahmad, L. (2017). Perancangan Aplikasi Source code library Sebagai Solusi Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), 39-47.

Wali, M., & Ahmad, L. (2018). Perancangan Access Open Journal System (AOJS) dengan menggunakan Framework Codeigniter dan ReactJs. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2(1), 48-56.

Wiratama, M. J., Darsono, N., & Putra, T. R. I. (2018). Pengaruh Teknologi Informasi dan Modal Intelektual Terhadap Efektivitas Komunikasi serta Implikasinya pada Kinerja Karyawan PT. Kurnia Purnama Jaya. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(2).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>