Sistem Komunikasi Pemasaran dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan pada Kantor BPJS Kesehatan Wilayah Kota Banda Aceh

Main Article Content

Riska Fitria Harris
Irma Farnita
Irwan Sahputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Kantor BPJS Kesehatan Wilayah Kota Banda Aceh dalam mensosialisasikan program jaminan kesehatan dan menghubungkannya dengan motivasi kerja dan disisi teknologi komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan melakukan observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi pada kantor BPJS Kesehatan Wilayah Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Kantor BPJS Kesehatan Wilayah Kota Banda Aceh cukup efektif dalam mensosialisasikan program jaminan kesehatan. Sistem tersebut dilakukan melalui beberapa media seperti brosur, sosial media, iklan, dan media cetak lainnya. Selain itu, ditemukan juga bahwa motivasi kerja yang tinggi dari para pegawai kantor BPJS Kesehatan menjadi faktor yang mendukung kesuksesan dalam menjalankan sistem komunikasi pemasaran tersebut. Selain itu, penerapan teknologi komputer juga turut membantu efektivitas dan efisiensi sistem komunikasi pemasaran. Kesimpulannya, sistem komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Kantor BPJS Kesehatan Wilayah Kota Banda Aceh cukup efektif dalam mensosialisasikan program jaminan kesehatan. Motivasi kerja yang tinggi dan teknologi komputer yang diterapkan turut membantu dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem tersebut.

Article Details

How to Cite
Harris, R. F., Farnita, I., & Sahputra, I. (2019). Sistem Komunikasi Pemasaran dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan pada Kantor BPJS Kesehatan Wilayah Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 4(1), 21–33. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/979
Section
Articles

References

Amri, K. (2017). Analisis pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan: Data panel 8 provinsi di Sumatera. Jurnal EMT Kita, 1(1), 1-11.

Amri, K. (2017). Indek harga konsumen dan belanja modal terhadap indek perilaku korupsi. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, 8(1), 49-65.

Amri, K. (2018). Is there causality relationship between economic growth and income inequality?: Panel data evidence from Indonesia. Eurasian Journal of Economics and Finance, 6(2), 8-20.

Ariyani, R., & Firdina, R. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU BPJS KESEHATAN PADA SEGMEN BADAN USAHA SWASTA TAHUN 2017-2019 (Doctoral dissertation, PPM Manajemen).

HAKIM, A. R. (2015). SOSIALISASI PROGRAM BPJS KESEHATAN DI KABUPATEN BANYUASIN, SUMATERA SELATAN (Analisis Sosialisasi Komunikasi Pemasaran Philip Kotler) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng).

Khairul, A. M. R. I. (2018). The macroeconomic impact of regional minimum wages: A cross-province data evidence from Indonesia. Regional Science Inquiry, 10(3), 163-176.

Khoiri, A. (2015). Efektivitas Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Rumah Tangga Usaha Pertanian Non PBI di Kabupaten Jember Tahun 2015. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(2).

Mukhtar, M., & Wali, M. (2014). Sistem Harga Pokok Produksi dengan Pendekatan Job Order Costing dan Pengaruhnya Terhadap Laba Usaha. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 2(2), 345-355.

Rizal, S., & Wali, M. (2018). Perbankan Komputer: Teori dan Praktikum. Deepublish.

Tasrif, T. (2016). Strategi Komunikasi BPJS Kesehatan Bima Dalam Menyosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 3(1), 80-95.

Wali, M. (2015). Kualitas Pelayanan Medis dan Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 3(1), 554-567.

Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.

Wali, M. (2017). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic. NET 2015 Teori dan Praktikum: Indonesia (Vol. 1). KITA Publisher.

Wali, M. (2018). Add-ins Microsoft Office: Add-ins Microsoft Office (Vol. 1). Kita Publisher.

Wali, M., & Ahmad, L. (2017). Perancangan Aplikasi Source code library Sebagai Solusi Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), 39-47.

Wali, M., & Ahmad, L. (2018). Perancangan Access Open Journal System (AOJS) dengan menggunakan Framework Codeigniter dan ReactJs. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2(1), 48-56.

Wali, M., & Safrizal, S. (2018). Similar text sebagai Pengkodean Aplikasi Plagiarisme. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2(1), 11-19.

Wulandari, R. (2016). PENGARUH ADVERTENSI DAN PUBLIKASI TERHADAP KETERSERAPAN INFORMASI PADA SOSIALISASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KOTA SEMARANG. JHE (Journal of Health Education), 1(1).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>