Pengaruh Produk, Promosi Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Restoran Youwie Palembang)

Main Article Content

Septian Agung Rizky
Mohammad Kurniawan DP
Yeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh produk, promosi, dan physical evidence secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Youwie Palembang. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah sebanyak 96 responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada costomer Restoran Youwie Palembang. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda, dengan uji t dan uji F. Sedangkan untuk melihat sejauh mana keakurasian dan kelayakan alat intrumen variabel penelitian digunakan uji validitas dan reabilitas pada SPSS versi 23. Hasil analisis uji t penelitian ini memperoleh nilai signifikan prodok sebesar 0,045 > 0,05 untuk variabel promosi sebesar 0,002yang berarti secara parsial produk, promosi, dan physical evidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Youwie Palembang. Hasil analisis uji F dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara simultan produk, promosi, dan physical evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Youwie Palembang sebesar 58,7% (Sig.F 0,000<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik produk, promosi, dan physical evidence maka akan semakin tinggi pula kepuasan konsumen yang dihasilkan oleh Restoran Youwie Palembang.

Article Details

How to Cite
Rizky, S. A., Mohammad Kurniawan DP, & Yeni. (2024). Pengaruh Produk, Promosi Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Restoran Youwie Palembang). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1419–1426. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2341
Section
Articles

References

Amir Hamzah S., Zuriani Ritonga Susana, And Elvina Desmawati Hasibuan. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Mbak Siti." Journal Economy And Currency Study (JECS) 3.1 (2021): 22-33.

Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.

Anang, M. Firmansyah dan Mochamad Mochklas. 2018. The Effect of Interaction, Physical Environment and Quality of Results on the Loyality of athletic club in Surabaya. Saudi Journal of Business and Management Studies 3(3): 205-211.

Ananta Ilham, and Djawoto Djawoto. "Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran Dk 26)." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 12.9 (2023).

Arianto, N., Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif. 4(2) : 254-268.

Ciciek Adhias Putri, And Juni Trisnowati. "Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan SFA Steak & Resto Karanganyar." Surakarta Management Journal 3.1 (2021): 11-19.

Fahimah, Mar’atul, Ismawati, Ninik. "Pengaruh People, Process Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen Wedding Organizer Di Masa Pandemi Covid-19." Jpekbm (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen) 5.1 (2021): 51-64.

Fajaryanti, Ricca Yulia. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Pt. Maspion Surabaya. Diss. Stie Mahardhika Surabaya, 2019.

Fauzia Rukmana, Deby Rita Karundeng, and Moh Afan Suyanto. "Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengunjung Kopi Dari Hati Marisa)." Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10.1 (2022): 86-104.

Gusti Alit Suputra Sukarsih, And Ni Kadek Oni, And Gusti Alit Suputra. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Habitat Ubud." Widyaamrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata 1.3 (2021): 861-872.

Hurriyati, R. (2019). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Iis Maulidah, Joko Widodo, And Mukhamad Zulianto. "Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember." JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 13.1 (2019): 26-29.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

M. Kurniawan, & S. K. Hildayanti, (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), 86-102.

Mohammad Ubait, Feti Fatimah, and Yohanes Gunawan. "Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Physical Evidence Dan Kepercayaan Terhadap 81 Kepuasan Konsumen Pada Salon Sheama Glenmore Kabupaten Banyuwangi." Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta 1.2 (2022): 85-97.

Ni Kadek Oni, And Gusti Alit Suputra. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Habitat Ubud." Widyaamrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata 1.3 (2021): 861-872.