Pengaruh Laba Akuntansi dan Laba Tunai Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Yeni Rafika Nengsih
Jennisa Dwina Indriani
Sri Kemala
Fitria
Danu Saputra

Abstract

Dalam penetapan kebijaksanaan mengenai pembagian dividen, faktor yang menjadi perhatian manajemen adalah besarnya laba yang dihasilkan perusahaan akan menentukan besarnya pembagian Dividen. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laba akuntansi dan laba tunai terhadap dividen kas pada perusahaan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesia selama periode tahun 2017 sampai dengan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder, yaitu data laporan keuangan dari perusahaan real estate. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 perusahaan tetapi dilakukan penelitian menggunakan metode purposive sampling yang didasarkan pada kriteria tertentu dan pengolahan data menggunakan software SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba akuntansi dan laba tunai secara simultan berpengaruh terhadap dividen kas dan hasil pengujian secara parsial untuk masing-masing variabel bebas yaitu laba akuntansi secara parsial berpengaruh terhadap dividen kas dan untuk laba tunai secara parsial berpengaruh negatif terhadap dividen kas.

Article Details

How to Cite
Nengsih, Y. R., Jennisa Dwina Indriani, Sri Kemala, Fitria, & Danu Saputra. (2023). Pengaruh Laba Akuntansi dan Laba Tunai Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 431–440. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i2.1056
Section
Articles

References

Azfash,R.R, Kamaliah, Basri, Y.M, (2014). Analisis Pengaruh Antara Laba Akuntansi, Laba Tunai, Dan Arus Kas Operasi Terhadap Deviden Kas Pada Perusahaan Wholesale And Retail Trade Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Vol.1, no. 2. Hal 1-15.

Dewi, Astuti. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gudono. (2014). Analisis Data Multivariate, Edisi Tiga, Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Teori Akuntansi. Jakarta: Raja.

Indriani, J. D. (2020). Pengaruh Deviden Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 15(1), 24-29.

Manurung, I. A., dan H. S. Siregar. (2010). Pengaruh Laba Bersih terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publik. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi USU. Vol. 1( No. 2), Hal. 1-12.

Nengsih, Y. R., & Lestari, T. (2020). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal PROFITA: Akuntansi dan Bisnis, 1(1), 47-56.

Santoso, Singgih. (2002). Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soemarso, SR. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar. Buku 1. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat

Subramanyam, K. R dan John J. Wild (2010). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10.Jakarta: Salemba Empat.

Subramanyam. (2012). Analisis Laporan Keuanagan. Jakarta : Salemba Empat.

Suherli dan Sofyan S. Harahap.( 2004). Studi Empiris Terhadap Faktor Penentu Kebujakan Deviden. Jurnal Media Riset Akuntansi Auditing dan Informasi. Volume 4 No. 1. Jakarta.

Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE

Swastyastu M.W, Yuniarta G.A dan Atmadja. (2014). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). E-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1. Vol 2 (No 1).

Most read articles by the same author(s)