Peran Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Transformasi Digital pada Sektor Publik: Studi Kasus Pada Instansi Pemerintah Aceh

Main Article Content

Nurul Fajri
Irwan Sahputra
Irma Farnita

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat dan transformasi digital telah mempengaruhi banyak sektor, termasuk sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sumber daya manusia dalam mendukung transformasi digital pada sektor publik, dengan studi kasus pada instansi pemerintah Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran sumber daya manusia sangat penting dalam mendukung transformasi digital pada sektor publik. Beberapa peran yang diidentifikasi adalah sebagai berikut: (1) menciptakan budaya inovasi dan digitalisasi, (2) membantu merancang dan mengembangkan program transformasi digital, (3) memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi digital bagi pegawai, dan (4) mengelola data dan informasi secara efektif. Studi kasus pada instansi pemerintah Aceh menunjukkan bahwa keberhasilan transformasi digital pada sektor publik sangat tergantung pada dukungan dan kesiapan sumber daya manusia. Instansi pemerintah Aceh telah memulai beberapa inisiatif transformasi digital, seperti pengembangan aplikasi mobile dan implementasi sistem manajemen elektronik. Namun, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk memperkuat peran sumber daya manusia dalam mendukung transformasi digital. Kesimpulannya, peran sumber daya manusia sangat penting dalam mendukung transformasi digital pada sektor publik. Perusahaan perlu memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi digital bagi pegawai, serta menciptakan budaya inovasi dan digitalisasi yang mendukung transformasi digital. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengambil tindakan konkret untuk memperkuat peran sumber daya manusia dalam mendukung transformasi digital.

Article Details

How to Cite
Fajri, N., Sahputra, I., & Farnita, I. (2020). Peran Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Transformasi Digital pada Sektor Publik: Studi Kasus Pada Instansi Pemerintah Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 5(2), 86–94. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/995
Section
Articles

References

Ahmad, L., Wali, M., Akbar, R., & Syafwandhinata, J. (2020). IbM Pemberdayaan Generasi Muda melalui Enterpreneurship. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 30-36.

Dahlan, D., & Yusra, Y. (2018). Model Revitalisasi Modal Sosial Guna Meningkatkan Pelaksanaan Fungsi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Jurnal EMT KITA, 2(1), 9-18.

Dahlia, D. (2018). Analisis Efektifitas dan Kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banda Aceh. Jurnal EMT KITA, 2(2), 82-88.

Fahmi, I. (2017). Pengaruh Sumber-Sumber Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Jurnal EMT KITA, 1(1), 59-67.

Fauziah, N. M. (2019). ASN CORPORATE UNIVERSITY. Civil Service Journal, 13(2 Nov), 51-62.

Farnita, I. (2017). Layanan Mobile Ho-Jak, Go-Jek dan Grab Terhadap Perbandingan Pengalaman Pengguna (Studi Pada Konsumen PT. Ho-Jak Indonesia, PT. Aplikasi Anak Bangsa dan PT. Grab Indonesia di Kota Banda Aceh). Jurnal EMT KITA, 1(2), 97-106.

Iqbal, T. (2019). Menjadi Programmer Handal: HTML, PHP, MySQL, dan CSS (Vol. 1). KITA Publisher.

Nasir, N., & Yuslinaini, Y. (2017). Analisis Pemetaan Industri Kreatif Subsektor Kerajinan Serta Dampak Peningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal EMT KITA, 1(1), 12-17.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan pelayanan publik (studi tentang elemen sukses pengembangan e-government di pemerintah kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32-42.

Nurbismi, N., & Ramli, M. R. (2018). Pengaruh Zakat Produktif, Pendapatan, dan Kinerja Amil Terhadap Kemiskinan Mustahik di Kota Banda Aceh. Jurnal EMT KITA, 2(2), 55-61.

Rizal, S., & Wali, M. (2018). Perbankan Komputer: Teori dan Praktikum. Deepublish.

Rizal, S., & Wali, M. (2020). The Impact of Using Technology (Technostress) with the Forward Chaining Method as a Decision Support System: The Impact of Using Technology (Technostress) with the Forward Chaining Method as a Decision Support System. Jurnal Mantik, 4(1), 521-527.

Sarboini, S., Surya, J., & Safiansyah, W. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Team Work Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (PERSERO) Cabang Banda Aceh. Jurnal EMT KITA, 1(2), 86-90.

Sufyan, S. (2018). Karakter Pemimpin dan Hubungannya dengan Kinerja Karyawan PDAM Tirta Daroy Cabang Sultan Iskandar Muda Kota Banda Aceh. Jurnal EMT KITA, 2(2), 74-81.

Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.

Wali, M. (2017). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic. NET 2015 Teori dan Praktikum: Indonesia (Vol. 1). KITA Publisher.

Wali, M. (2018). Add-ins Microsoft Office: Add-ins Microsoft Office (Vol. 1). Kita Publisher.

Wali, M. (2020). Modul Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak. Ellunar Publisher.

Wali, M., & Mukhtar, M. (2020). PKM: Pelatihan Microsoft Excel 2013 Dalam Rangka Membentuk Tenaga Pengajar Yang Profesional. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 31-34.

Yenni, E. (2017). Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Pengalaman Kerja Aparatur Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kota Banda Aceh. Jurnal EMT KITA, 1(2), 91-96.

Yuliana, Y., Azlim, A., & Fitri, N. R. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Karyawan Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Pada Pt. Tuah Sejati Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 5(1), 8-12.

Zulfan, T., & Mustika, E. (2018). Pengaruh Dana Otonomi Khusus terhadap Fly paper effect di Provinsi Aceh. Jurnal EMT KITA, 2(1), 19-27.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>