Strategi Pengembangan Program Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil Melalui Pembiayaan Usaha Syariah pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banda Aceh

Main Article Content

SARBOINI
Misna MAISARAH
MARYAM
IMILDA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan program pemberdayaan usaha mikro dan kecil melalui pembiayaan usaha syariah pada badan amil zakat nasional (baznas) Kota Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah usaha mikro dan kecil yang diberdayakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kota Banda Aceh, dan model penarikan sampel menggunakan teknik  purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiayaan usaha syariah (Pusyar) merupakan kerjasama Badan Amil Zakat Nasional Kota Banda Aceh Pemerintah Kota Banda Aceh, konsep dari program ini adalah memberikan pembiayaan pada usaha mikro dan kecil dengan tidak membebankan biaya tambahan apapun kepada peminjam, karena biaya margin, administrasi dan asuransi ditanggung oleh Badan Amil Zakat Nasional Kota Banda Aceh yang diambil dari dana infaq dan sedekah. Semua stakeholder yang terlibat memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing agar program pembiayaan ini berjalan dengan lancar dalam penyediaan dana sebagai pinjaman yang diberikan kepada UKM di Kota Banda Aceh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembiayaan usaha syariah strategi yang digunakan merupakan bentuk kerja sama Badan Amil zakat Nasional Kota Banda Aceh Pemerintah Kota Banda Aceh dengan konsep dari program ini adalah memberikan pembiayaan pada Usaha Mikro dan Kecil.

Article Details

How to Cite
SARBOINI, MAISARAH, M., MARYAM, & IMILDA. (2021). Strategi Pengembangan Program Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil Melalui Pembiayaan Usaha Syariah pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 42–59. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.605
Section
Articles
Author Biographies

SARBOINI, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

Misna MAISARAH, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

MARYAM, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

IMILDA, AMIK Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer, AMIK Indonesia, Jalan T. Nyak Arief No. 400, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

References

Ali, dkk. (2016). Perbandingan Zakat Produktif dan Zakat Konsumtif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik. Al-Muzara’ah. Vol. 4. No. 1. Hlm 19-32.

Amelia, E. (2012). Penyaluran Dana Zakat Produktif Melalui Pola Pembiayaan (Studi Kasus BMT Binaul Ummah Bogor). Signifikan Vol. 1 No. 2. hlm 79-92.

Anwas, M Oos. (2014). Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. Bandung : Alfabata. lfabata.

Apriana, S., Dwi, W., & Irwansyah. (2015). Analisis Pengaruh Prasyarat Kredit (5C) Terhadap Kelancaran Pembayaran Angsuran Nasabah Di Bank Kalsel Unit Sentra Antasari Banjarmasin. Jurnal Bisnis dan Pembangunan. hlm 10-18.

Ascarya. (2013). Akad dan produk Bank Syariah. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Asnaini. (2008). Zakat Produktif dalam Perspektif Hukum Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asnaini, (2013). Zakat Produktif dalam Prespektif Hukum Islam, Ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aziz, A. (2016). Strategi Penghimpunan Dana Zakat Lima Lembaga Pengelola Zakat. Jurnal Syarikah. Vol. 2. No. 1. hlm 131-148.

Bank Indonesia. (2016). Pengelolaan Zakat yang Efektif. Jakarta: Departemen Ekonomi dan keuangan Syariah Bank Indonesia.

BAZNAS. (2015). Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Tahun 2015. Jakarta: BAZNAS.

BAZNAS. (2017). Dampak Zakat Terhadap Kesejahteraan Mustahik Di Indonesia. Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional.

Boedi, Abdullah, Beni Ahmad S. (2014). Metode penelitain Ekonomi Islam Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.

Budiantoro, (2017). Strategi Pengembangan Program Pemberdayaan Usaha Mikro Dan Kecil Melalui Pembiayaan Usaha Syariah Di Kota Mojokerto. Magister Sains Ekonomi Islam, Universitas Airlangga, Surabaya risanda.abe@gmail.com

Chaniago. (2015). Pemberdayaan Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan. Jawa Tengah : Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Pekalongan. sitiaminah@gmail.com.

Dapta, (2012). Perbedaan Pola Channeling dan Executing pada Pembiayaan Linkage Program di Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga.Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga. antika_sonya@yahoo.co.id

Fanani, A. M. (2014). Penghimpunan Dana Zakat Nasional. Permana. Vol 2. 7-8. Fasiha. (2017). Zakat Produktif (Alternatif Sistem Pengendalian Kemiksinan) (Cetakan ke-1 ed.). (M. R. Abdullah, Ed.) Palopo: Laskar Perubahan.

Fasiha., (2016). Pemikiran Ekonomi Ibnu Taimiyah, Jurnal Al Amwal, Vol 1. No. 2 September 2016.

Hikmat, Harry. (2010). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung : Humaniora Utama Press.

Khasanah, Umrotul. (2010). Manajemen Zakat Modern. Malang: UIN-Maliki Press.

Kuncoro, (2016). Zakat: Katup Pengaman Keseimbangan Kehidupan Ekonomi Umat. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Semarang. Email: anieskuncoro982@gmail.com.

Maltuf Fitri, (2016). Peran Dana Pihak Ketiga Dalam Kinerja Lembaga Pembiayaan Syariah Dan Faktorfaktor Yang Memengaruhinya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Walisongo Semarang.

Mardani. (2015). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Mardani. (2014). Hukum Bisnis Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mardikanto, Totok. (2015). Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Mi’raj, (2015). Linkage Program Bank Syariah Dengan Bmt: Tinjauan Kritis Bagi Pengembangan Sistem Keuangan Islam Yang Lebih Kaffah. Program Studi S1 Ekonomi Islam-Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Airlangga. Email : denizar_abdurrahman@yahoo.com

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mubarok, A., & Fanani, B. (2014). Penghimpunan Dana Zakat Nasional (Potensi, Realisasi dan Peran Penting Organisasi Pengelola Zakat). Permana, Vol.5 No. 2. hlm 7-16.

Putri, S.A.M & Firmansyah, E.J.R. (2017). Optimalisasi Laku Pandai berbasis Masjid una Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Berkelanjutan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 3. No. 2.

Prahesti, (2018). Pemberdayaan Usaha Kecil dan Mikro. Dana Zakat Produktif. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies

Septiandani. 2012. Sinergitas Peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat Dalam Pengelolaan Zakat. Vol.5, No.1, Januari 2012.

Solihin, Ahmad, (2014), Buku Saku Panduan Zakat, LAZNAS Pusat Zakat Umat. Bandung.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Wahyudi, Ahmad. 2016. Determinan Pembiayaan Murabahah pada Unit Usaha Syariah. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 (2).

Widiastuti dan Rosyidi, (2015). Model Pendayagunaan Zakat Produktif Oleh Lembaga Zakat Dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahiq. Universitas Airlangga Email: widasus@yahoo.com