Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh

Main Article Content

Zulfan Yusuf
Fahmi Arfan
Geta Ambartiasari
Sarboini

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia memainkan peran yang sangat penting dalam kinerja karyawan. Kinerja karyawan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sumber daya manusia dan kinerja karyawan, serta mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara pengembangan sumber daya manusia dengan kinerja karyawan. sumber daya manusia dan kinerja karyawan, serta mengeksplorasi dan menganalisis dampak pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS Ver 22 dan menggunakan model regresi linier sederhana dengan hasil sebagai berikut Y = 0,909 + 0,608X + e. Uji determinasi dengan nilai nilai R2 sebesar 29,7%. Uji t dengan perbandingan thitung 4,056 > ttabel 1,68488 maka Ho diterima Hi ditolak Untuk menganalisis Pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh. Penyebaran kuesioner dengan sampel dalam penelitian ini. Sebanyak 41 orang responden. Hasil regresi Pengembangan Sumber Daya Manusia sebesar 0,608 yang berarti bahwa Pengembangan Sumber Daya Manusia (X) meningkatkan kinerja karyawan (Y) BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh sebesar 1%. meningkat sebesar 1%, kinerja karyawan (Y) BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh. Koefisien determinasi diketahui dari nilai R2 = 0,297 (29,7%), yang berarti pengembangan sumber daya manusia (X) memiliki kemampuan untuk menjelaskan (Y) kinerja pegawai BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh, sebesar 29,7% dan sisanya sebesar 70,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji-t, diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,056 dan t-tabel sebesar 1,68488. Dari hasil perbandingan tersebut dapat dilihat bahwa pengujian dengan perbandingan t-hitung 4,056 > t tabel 1,68488 maka Ho diterima Hi ditolak. Artinya pengembangan sumber daya manusia Pengembangan sumber daya manusia berpengaruh terhadap kinerja karyawan di BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh.

Article Details

How to Cite
Zulfan Yusuf, Arfan, F., Geta Ambartiasari, & Sarboini. (2024). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1073–1078. Retrieved from https://journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/2294
Section
Articles

References

AA. Anwar Prabu Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung. Benny Usman 2008. Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 2, No. 1, hal. 1-10.

A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung. Ismail, Iriani. 2013. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Malang: Bagian Penerbitan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Dessler. Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat Belas Bahasa Indonesia. Jilid 1: Edisi keempat belas, Jakarta: Indeks.

Ismail, Iriani. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Brawijaya. Malang: Lembaga Penerbitan Fakultas Pertanian.

Mangkunegara, Anwar Prabu dan Abdul Waris. 2015. Efektivitas Pelatihan, Keterampilan dan Disiplin Kerja Terhadap Keberhasilan Karir Karyawan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Ascrida Bangun), Proses – Ilmu Sosial dan Perilaku, volume 211, 25 November 2015, hal. 1240-1251. 1240-1251.

Mangkunegara, Anwar. 2007. Evaluasi Efektivitas Sumber Daya Manusia. Cetakan pertama. Cetakan ketiga. Bandung: Reika Aditama.

Mangkunegara, Anwar. 2003. Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Sumber Daya Manusia. Bandung: Reika Aditama.

Mangkunegara, Anwar. 2006. Evaluasi Efektivitas Sumber Daya Manusia. Cetakan kedua. Bandung: PT Reika Aditama.

Moeheriono. 2009. Pengukuran kinerja berbasis kompetensi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti. 2010. Sumber daya manusia dan produktivitas tenaga kerja, CV Mandar Maju, Bandung.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen sumber daya manusia. Reformasi birokrasi dan manajemen sumber daya manusia, Cetakan kelima, PT Reika Aditama, Bandung.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donnely, J.M. 1994. Manajemen Organisasi I Manajemen. Jilid 1. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Gibson James L.dkk. (2009). Organisasi: perilaku, struktur, Percobaan . New York: McGraw-Hill/Irwin.

Harold D. dan Keeps, Erica J., 1992, Handbook of Human Performance Technology Panduan lengkap untuk menganalisis dan memecahkan masalah kinerja dalam organisasi. masalah kinerja dalam organisasi. San Francisco: Jersey-Bass Publishing Company Toha

Mangkunegara, Anwar Prabu 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muharto. (2002). Masalah-masalah kinerja dalam organisasi. San Fransisco: Jersey-Bass Publishing Toha, Perilaku Organisasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Karyawan. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sinambela. Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim yang Kuat untuk Meningkatkan Kinerja, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhamad Zainur Roziqin, 2010. Kepuasan Kerja, Malang: Averroes Press

Most read articles by the same author(s)