Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mobil Toyota Innova Pada Masyarakat Kota Banda Aceh

Main Article Content

Saiful Amri
Maksalmina Maksalmina
Mukhdasir

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian produk mobil toyota Innova pada masyarakat Kota Banda Aceh. Populasi penelitian ini berjumlah 100 orang responden, dan metode penarikan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik penarikan sampel penelitian ini menggunakan convenience sampling sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak sebanyak 100 konsumen yang mengunjungi dealer-dealer Mobil Toyota di kota Banda Aceh. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Peralatan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji secara parsial dimana variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mobil toyota Innova pada masyarakat Kota Banda Aceh sebesar 0,973, artinya bahwa setiap 100% perubahan kualitas produk secara relatif akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebesar 97,3%. sedangkan variabel brand image secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mobil toyota Innova pada masyarakat Kota Banda Aceh sebesar 0,246, artinya bahwa setiap 100% perubahan brand image secara relatif akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebesar 24,6%. Selanjutnya dari nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar ,872 menjelaskan, peran variabel kualitas produk dan brand image dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk mobil toyota Innova pada masyarakat Kota Banda Aceh adalah sebesar 0,872 (87,2%). Sementara selebihnya 0,128 (12,8%) dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Saiful Amri, Maksalmina, M., & Mukhdasir. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mobil Toyota Innova Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1455–1464. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2375
Section
Articles

References

Alma. Buchari H, 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alvabeta: Bandung.

Arikunto, S. 2009. Produser Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Edisi Ketiga PT Rineka Cipta.M

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. Alih Bahasa: Diana Angelica dan Ria Cahyani. Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat: Jakarta.

Khandelwal, U., Bajpai, N., and Sharma, J. P. 2013. Purchase Intention of Indian Consumers on Online Travel Buying Decision: A Comparative Study on Metro nd Non-Metro City. International Journal of Hospitality & Tourism Systems, 6(1),pp:13-22.

Kotler, P, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Melinium, PT Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip and K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Alih bahasa : Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Alih bahasa : Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

https://aceh.tribunnews.com/2024/01/06/penjualan-toyota-di-aceh-tinggi-dunia-barusa-luncurkan-gr-zone-hingga-hadirkan-joy-of-gazoo-racing

https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/toyota-rajai-penjualan-mobil-di-ri-sepanjang-2023-kaRro

Listyarso, Yafi Dafa dan Anton Eko Yulianto (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Innova (Studi Kasus di Kabupaten Pacitan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 12 No 5.

Loudon, D.L, dan Della Bitta, A.J, 2007, Consumer Behavior: Concepts and Application, Singapore: Mc.Grow-Hill, Inc.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Edisi Pertama.Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Musay, F. P. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Aministrasi Bisnis,3(2),pp: 1-7.

Purnama, Lingga. 2006. Strategi Marketing Plan. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Suciningtyas, W. 2012. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 1(1), pp: 1-8.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi.,W. Wiyani, dan K.N. Indra (2017) Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4, No. 1.

Sutisna, 2006. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tandjung, Jenu Widjaja. 2004. Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Bayumedia Publishing: Malang.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Andi. Yogyakarta.