Pengaruh Daya Tarik Wisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Kota Sabang

Main Article Content

Kasmaniar Kasmaniar
Mukhdasir
Nurfiani Syamsuddin
Fahmi Arfan
Saiful Amri

Abstract

Parawisata halal bertujuan untuk meningkatkan kepuasan kepada wisatawan pada industri para wisata Kota Sabang. Sejalan dengan tren pariwisata Dunia yang mengarah kepada kenyamanan beribadah bagi wisatawan muslim sebagai unsur penting dalam berwisata. Transformasi perkembangan pariwisata di Kota Sabang pun diharapkan selaras dan mengambil peran signifikan sebagai pusat perkembangan wisata syariah. Kota Sabang memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan salah satunya parawisata pantai berbasis syariah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan pengamatan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang terlihat. Data di analisis dengan uji validitas, uji reabilitas dan uji regresi sederhana (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wisata halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Kota Sabang. Adapun tingkat persentase pengaruhnya dapat dilihat dari R square adalah 58.4%, sedangkan sisanya 41.6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Article Details

How to Cite
Kasmaniar, K., Mukhdasir, Nurfiani Syamsuddin, Fahmi Arfan, & Saiful Amri. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Kota Sabang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1511–1515. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1373
Section
Articles

References

Alvitasona. 2017. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisataan Umbul Sewu Pengging. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Alwafi Ridho Subarkah. 2018. Diplomasi Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat

Isdarmanto. 2017. Dasar-dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta, Indonesia: Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukno.

Ismanto. 2020. Pengelolaan Pariwisata Halal Pekalongan Studi Peran Pedagang Kuliner dan Kesajahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7 (2), 139.

I Ketut Sudiana. 2016. Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Pajak Hotel, Restoran dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Propinsi Bali. E-Jurnal EP Unup, 1 (1365)

Laksana, R.D., Shaferi, I., Wibowo, S., Nurfitri, T., & Setyawati, S. M. (2022, July Atribut Budaya, Kepuasan LoyalitascWisatawan dengan Model Multi Group Analysis: Analisis Kunjungan Wisatawan ``pertama Kali dan Kunjungan Berulang. In MidYear National Conference and Call for Paper, 1 (01).

Marefa. 2017. Prospek Pengembangan Wisata Islami di Banda Aceh. Skripsi Universitas Negeri Islam Ar-Raniry.

Muhammad Djakfar. 2019. Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi Peta Jalan Menuju Pengembangan Akademik dan Industri Halal di Indonesia. Malang: UIN Maliki Press.

Muchamad Zaenuri. 2012. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: E-Gov Publishing.

Oktaviani winarti. 2017. Halal Tourism in Indonesia: Does it attact only Muslim Tourists, “Jurnal Komunikasi 1 (3), 234

Sedarmayanti. 2013. Membangun dan Mengembangkan Kebudayaan dan Industri Pariwisata. Bandung : PT. Refika Aditama.

Siswandono, Soekardjoe, Bambang. 2000. Kimia Medisinal. Jakarta: Airlangga University Press.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta.

Susi Feridha. 2018. Model Komunikasi Dalam Pengelolaan Wisata Halal di Aceh Besar dan Banda Aceh. Skropsi.

Suwena, I Ketut., I Gusti Ngurag Widyaatmaja. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Jakarta: Gramedia.

Unggul Priyadi. 2016. Pariwisata Syariah Prospek dan Perkembangan. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Jakarta: Gramedia.

Widagdyo, Kurniawan Gilang. 2015. Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal of Tauhidinomicd 1(1), 73-80.

Most read articles by the same author(s)