Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chemical Di Pt. Kimia Jaya Utama

Main Article Content

Naomi Desty Ayu Lestari
Mochammad Mukti Ali

Abstract

PT. Kimia Jaya Utama merupakan perusahaan yang Memberikan layanan dalam bentuk perencanaan instalasi untuk pengolahan air bersih dan limbah. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan berbagai macam produk chemical untuk pengolahan air bersih. Terdapat permasalahan mengenai penurunan penjualan produk chemical pada PT. Kimia Jaya Utama yang diduga disebabkan oleh: 1) harga yang tidak kompetitif, 2) pelayanan yang kurang memuaskan, dan 3) promosi yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk chemical di PT. Kimia Jaya Utama. Penelitian ini menerapkan metode verifikatif dengan mengumpulkan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kondisi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan keputusan pembelian tergolong kurang baik, 2) harga memberikan arah pengaruh negatif, yang artinya jika harga ditingkatkan maka akan menurunkan keputusan pembelian, 3) kualitas pelayanan memberikan arah pengaruh positif, yang artinya jika kualitas pelayanan ditingkatkan maka akan ikut meningkatkan keputusan pembelian, 4) promosi memberikan arah pengaruh positif, yang artinya jika promosi ditingkatkan maka akan ikut meningkatkan keputusan pembelian, dan 5) harga, kualitas pelayanan, dan promosi memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 67,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Article Details

How to Cite
Naomi Desty Ayu Lestari, & Mochammad Mukti Ali. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chemical Di Pt. Kimia Jaya Utama. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 643–653. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2055
Section
Articles

References

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah, Bandung: Satu Nusa.

Dwijantoro, R. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 16, No. 2.

Erinawati, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Valuasi Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 1, No. 1.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P. dan Amstrong. (2016). Principles of Marketing. Sixteenth Edition Global Edition, New Jeresy: Pearson Education Limited.

Kotler, P. dan Kevin L. K. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi ke dua belas. Jilid 1. Dialih bahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Maretiana, R. S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Riffa Store, Jurnal Manajemen, Vol. 14, No. 3.

Mulyadi, N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk Keperluaan Usaha Waralaba, Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 10, No. 3.

Octalyda, M. M. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Pengetahuan dari Perspektif Ekonomi Islam pada Konsumen Perumahan Surya Akbar Tanjung Barangan Kota Palembang, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 9, No. 1.

Polla, F. C. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Indomaret Manado Unit Jalan Sea, Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 4.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.

Santoso, J. B. (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun, Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol. 16, No. 1.

Santoso, S. (2012). Statistik Parametik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Setiadi, N, J. (2011). Perilaku Konsumen, Jakarta: Kencana.

Stanton, W, J. (2010). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Swastha, B. D. (2014). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi 4, Yogyakarta: Andi.