Analisis Pengawasan Cctv Terhadap Kinerja Karyawan Toko Sinar Alam Makasar

Main Article Content

Konstantinus Bia
Jeane Tandirerung
Kordiana Sambara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pengawasan teknologi CCTV terhadap aktivitas karyawan di toko Sinar Alam Makassar. Pemantauan diukur dengan menggunakan teknologi CCTV, sedangkan kinerja karyawan dinilai berdasarkan kontribusi  output, kualitas output, waktu yang dicapai, kehadiran di tempat kerja dan sikap kerja. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diisi oleh karyawan toko.


Hasil uji validitas menunjukkan seluruh pertanyaan pada kuesioner sudah benar dan hasil uji reliabilitas menunjukkan  kuesioner valid. Uji regresi linier menunjukkan  terdapat pengaruh positif antara pengawasan CCTV terhadap kinerja karyawan. Hasil korelasi spearman menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel pengawasan CCTV dengan kinerja karyawan.


Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemampuan pengawasan CCTV dapat menjelaskan 80,5% variasi  kinerja karyawan. Sebuah pengujian menemukan bahwa pengawasan CCTV berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan..


Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi monitoring CCTV dapat meningkatkan kinerja karyawan di toko Sinar Alam Makassar. Manajemen dapat menggunakan temuan ini untuk meningkatkan efektivitas strategi manajemen dan pemantauan karyawan dalam upaya meningkatkan produktivitas dan efektivitas operasional toko.

Article Details

How to Cite
Bia, K., Jeane Tandirerung, & Kordiana Sambara. (2024). Analisis Pengawasan Cctv Terhadap Kinerja Karyawan Toko Sinar Alam Makasar. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 523–530. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1981
Section
Articles

References

Indriani,2016-.Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia.

Pengantar manajemen,ErnieTisnawati sule,kurniawan saefullah

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dewi DAAN. Modul III: Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan. Universitas Dipenogoro. 2018: 1-14

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.