Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Risiko Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Fitria Fitria
Yeni Rafika Nengsih
Jennisa Dwina Indriani
Sri Kemala
Sovia Gusti

Abstract

Salah satu faktor informasi dibutuhkan oleh para investor adalah mengenai pengungkapan risiko pada perusahaan perbankan di Indonesia, karena saat ini kondisi perusahaan perbankan tidak lepas dari risiko. Dengan adanya pengungkapan risiko , para pihak pengguna informasi dapat mengetahui kondisi perusahaan dan apakah risiko tersebut dapat mempengaruhi dana yang mereka investasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Tingkat leverage, tingkat profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan risiko pada perusahaan perbankan di Indonesia yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan perusahaan perbankan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Teknik pemilihan sample yang digunakan yaitu purposive sampling dengan diperoleh 11 perusahaan perbankan dengan periode penelitian pada tahun 2016-2018. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan tingkat leverage, tingkat profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan risiko. Sedangkan secara persial, tingkat leverage, tingkat profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan risiko pada perusahaan perbankan di Indonesia, sedangkan ukuran periusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan risiko pada perusahaan perbankan di Indonesia

Article Details

How to Cite
Fitria, F., Yeni Rafika Nengsih, Jennisa Dwina Indriani, Sri Kemala, & Sovia Gusti. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Risiko Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 450–460. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i2.1065
Section
Articles

References

A.M. Kusnadi. 2017. Analisis Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Risk Management Committee dan Separate Risk Management Committee Pada Perusahaan Non Keuangan Bursa Efek Indonesia. Yogyakarta : Universitas Janabadra.

Almilia, L. S dan Retrinasari, I. (2007). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ. Proceeding Seminar Nasional.

Aljifri, Khaled dan Hussainey Khaleed. 2007. The Determinants of Forward looking Informationin Annual Reports of UAE Companies. Journal of Emerald Insight, Hal. 881-894.Emerald Group Publishing Limited.

Arsyil Azhiim Saryono, dkk. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko ( Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jakarta : Universitas Telkom.

Ernawati, T. (2016). Pengaruh Ukuran Pemerintah Daerah, Jumlah SKPD, Umur Pemerintah Daerah Dan Temuan Audit Terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Doctoral dissertation,

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafidz Ridho Ansori,. Safira. (2018) .Analisis Pengaruh Manajemen Risiko Terhadap Profitabilitas (Studi Komparatif Pada Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Periode 2012-2015). Jurnal Profit. April 2018.

Indriani, J. D., Mustaqmah, S. A., Kuliman, K., Petra, B. A., & Riani, V. (2022). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Profitabilitas Dan Kualitas Auditor Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi Syariah (Jaksya), 2(1), 1-20.

Indriani, J. D., Mustaqmah, S. A., Nengsih, Y. R., & Varllina, Y. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Profita: Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 53-64.

Muhammad Rijalus Sholihin,. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Analsis Akuntansi dan Perpajakan.

Ratna Diyah Susanti, dkk. (2018). Pengaruh Kepemilikan Publik, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Risk Managemen Disclosure Pada Bank Konvensional di BEI Periode 2012 - 2016. Surabaya : Universitas Surabaya.

Riswan dan Yolanda. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Roberto., Tarigan Malem Ukur, (2013).“Pengaruh Kepemilikan Manajemen,Kepemilikan Publik, Tingkat Leverage dan Tingkat Profitabilitas Terhadap Risk Management Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia", Jurnal Akuntansi, Vol. 13, No. 2, Hal 907-928.

Septian Adi Wijaksono Agustinus Santosa Adiwibowo. (2017). Analisis Determinan Pengungkapan Risiko ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Teraftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 - 2015 ). Jurnal Undip.

Sulistyaningsih dan Barbara.( 2016). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Risk Management Disclosure ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 - 2014). Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Utomo, Y., And A. Chariri, (2014). "Determinan Pengungkapan Risiko Pada Perusahaan Nonkeuangan Di Indonesia," Diponegoro Journal Of Accounting, Vol. 0, Pp. 687-700.

Windi Gessy Anisa dan Andri Pratiwi. (2011). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Manajemen Risiko ( Studi Empiris Pada Laporan Tahunan Perusahaan - Perusahaan Non-Keuangan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010). Jakarta : Bumi Aksara