Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Songket Pada Studio Songket Palantaloom Kecamatan IV Angkek

Main Article Content

Sri Kemala
Diah Permata
Almasdi
Rina Supriyanita
Lya Mardiati

Abstract

Studio Songket Palantaloom merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi songket di daerah Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat. Studio ini didirikan pada tahun 2005 dan sejak awal berdiri hingga saat ini studio ini tidak banyak mengalami kenaikan penjualan, hal ini disebabkan karena sedikitnya konsumen yang meminati songket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan songket pada Studio Songket Palantaloom di Kecamatan Ampek Angkek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset perpustakaan dan riset lapangan. Dengam Metode analisa yang digunakan adalah anasisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threat) dengan matriks IFE, EFE, matriks SWOT dan Matriks QSP. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa alternatif strategi yang di dapat yaitu membuat songket yang bersifat eksklusif, meningkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi karyawan, melakukan promosi secara berkelanjutan, membentuk kerja sama dengan komunitas-komunitas dan Wedding Organizer, menambah supplier bahan baku pembuatan songket, meluncurkan produk baru untuk mengatasi kejenuhan konsumen, dan menjaga kestablian bahan baku benang pembuatan songket. Strategi pemasaran prioritas yang disarankan adalah membuat songket bersifat eksklusif, meluncurkan produk baru dan melakukan promosi secara berkelanjutan


 

Article Details

How to Cite
Sri Kemala, Diah Permata, Almasdi, Rina Supriyanita, & Lya Mardiati. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Songket Pada Studio Songket Palantaloom Kecamatan IV Angkek. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 996–1007. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1223
Section
Articles

References

Adisaputro, Gunawan dan Marwan asri. (2003). Anggaran Perusahaan. Edisi Ketiga BPFE Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta. Bandung.

Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Daryanto.(2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT Sarana. Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.

David, Fred, R. (2011). Manajemen Strategis: Konsep. Salemba Empat. Jakarta.

Hany, S. Mas’ud, E. Dan Imam, S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 5.(1): 46-53.

Hariadi, B. (2005). Strategi Manajemen: Strategi Memenangkan Perang Bisnis. Bayumedia Publishing. Jawa Timur.

Kotler, Philip dan G.Amstrong. (2014). Principle of Marketing, 15th edition. New Jearsy: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip dan G.Amstrong.(2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta

Kurniawan, Ade. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kacang Karamel Rancak Snack Home Indusrty Di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. STIE Haji Agus Salim. Bukittinggi.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyadi. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Nia, B.P. Rani, R. Gilang, Y.P. (2013). Pemilihan Strategi Bisnis Menggunakan QSPM dan Model MAUT (Studi Kasus pada Sentra Industri Gerabah Kasongan, Bantul, Yogyakarta). Jurnal Teknik Industri Undip. 8(3): 171-180.

Noor, Syamsudin. (2014). Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang (Studi Kasus pada PT. Astra Internasional Tbk. Daihatsu Malang). Jurnal INTELNA. 14(2): 102-209.

Rangkuti, Freddy (2010). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. (2013). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rianti, Fitri. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Volume Penjualan Pada Pabrik Tahu Sari Kedelai Di Bukittinggi. STIE Haji Agus Salim. Bukittinggi.

Senja NilaSari.( 2014). Manajemen Strategi Itu Gampang, Dunia Cerdas. Niaga Swada. Jakarta.

Siswanto, Sutojo. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Damar Mulia Pustaka. Jakarta.

Sutojo, Siswanto dan Kleimstenber, Frintz. (2002). Strategi Manajemen Pemasaran. Jilid Kesatu. PtT Damar Mulis Pustaka. Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. (2009). Manajemen Penjualan. Edisi Ketiga, BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi . (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andy Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi . (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Andy Offset. Yogyakarta.

Zulkarnaen, H.O., dan Sutopo. (2013). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Diponegoro Journal of Management. 2(3) : 1-13.

Most read articles by the same author(s)