Analisis Kompetensi Teknologi Yang Dibutuhkan oleh Staf Administrasi dan Kesekretariatan pada Perusahaan-Perusahaan di Era Digital

Main Article Content

Yusmaneli
Irwan Sahputra

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital membawa perubahan signifikan pada cara perusahaan melakukan bisnis, termasuk pada bidang administrasi dan kesekretariatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi teknologi yang dibutuhkan oleh staf administrasi dan kesekretariatan pada perusahaan-perusahaan di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis data dari sumber-sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf administrasi dan kesekretariatan perlu memiliki kompetensi teknologi yang memadai untuk menghadapi tantangan era digital. Beberapa kompetensi teknologi yang dibutuhkan antara lain: (1) kemampuan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, (2) kemampuan mengelola dan menyimpan data digital, (3) kemampuan melakukan riset online dan menganalisis informasi yang diperoleh, (4) kemampuan menggunakan aplikasi komunikasi dan kolaborasi online, (5) kemampuan mengoperasikan perangkat mobile, dan (6) kemampuan menggunakan media sosial dan platform digital lainnya. Dengan memiliki kompetensi teknologi yang memadai, staf administrasi dan kesekretariatan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Selain itu, mereka juga dapat mengatasi berbagai tantangan yang muncul di era digital, seperti keamanan data dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat. Kesimpulannya, perusahaan perlu memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi teknologi kepada staf administrasi dan kesekretariatan agar mereka dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan efektif di era digital. Hal ini akan membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dan relevan di pasar yang semakin kompetitif.

Article Details

How to Cite
Yusmaneli, & Sahputra, I. (2020). Analisis Kompetensi Teknologi Yang Dibutuhkan oleh Staf Administrasi dan Kesekretariatan pada Perusahaan-Perusahaan di Era Digital. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 5(2), 67–77. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/993
Section
Articles

References

Ahmad, L., Wali, M., Akbar, R., & Syafwandhinata, J. (2020). IbM Pemberdayaan Generasi Muda melalui Enterpreneurship. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 30-36.

Marsofiyati, M. (2017). Analisis Relevansi Stenografi Sebagai Mata Kuliah Program Studi D3 Sekretari Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 18-27.

Rizal, S., & Wali, M. (2018). Perbankan Komputer: Teori dan Praktikum. Deepublish.

Rizal, S., & Wali, M. (2020). The Impact of Using Technology (Technostress) with the Forward Chaining Method as a Decision Support System. Jurnal Mantik, 4(1), 521-527.

Panji W, R. (2019). LKP: Pengarsipan Dokumen Berbasis Cloud pada Program Studi DIII Administrasi Perkantoran (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.

Wali, M. (2017). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic. NET 2015 Teori dan Praktikum: Indonesia (Vol. 1). KITA Publisher.

Wali, M. (2018). Add-ins Microsoft Office: Add-ins Microsoft Office (Vol. 1). Kita Publisher.

Wali, M. (2020). Modul Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak. Ellunar Publisher.

Wali, M., & Mukhtar, M. (2020). PKM: Pelatihan Microsoft Excel 2013 Dalam Rangka Membentuk Tenaga Pengajar Yang Profesional. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 31-34.

Trihantoyo, S. (2020). Peran Hubungan Masyarakat Era Marketting 4.0 Dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(03), 199-212.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>