Sistem Pengarsipan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IDI Kabupaten Aceh Timur

Main Article Content

Fitri Maryanti
M Djamil

Abstract

Sistem pengarsipan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IDI Kabupaten Aceh Timur merupakan suatu mekanisme yang penting dalam pengelolaan informasi dan dokumen medis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengarsipan di RSUD IDI Kabupaten Aceh Timur, mengkaji bagaimana sistem pengarsipan dapat meningkatkan motivasi kerja pegawai, dan juga mempertimbangkan faktor teknologi komputer dalam sistem pengarsipan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengarsipan pada RSUD IDI Kabupaten Aceh Timur masih dilakukan secara manual dan belum sepenuhnya terkomputerisasi. Meskipun begitu, penggunaan teknologi komputer sangat dibutuhkan untuk membantu pengarsipan dan pencarian dokumen yang lebih efektif dan efisien. Adapun motivasi kerja pegawai dapat meningkat dengan adanya sistem pengarsipan yang baik, sehingga pegawai dapat lebih fokus pada pekerjaannya. Oleh karena itu, disarankan untuk memperbaiki sistem pengarsipan dengan menerapkan teknologi komputer yang tepat dan melaksanakan pelatihan terkait penggunaan sistem tersebut, sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja pegawai dan efektivitas pengelolaan dokumen medis.

Article Details

How to Cite
Maryanti, F., & Djamil, M. (2019). Sistem Pengarsipan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IDI Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 4(1), 1–11. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/977
Section
Articles

References

Amri, K. (2017). Analisis pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan: Data panel 8 provinsi di Sumatera. Jurnal EMT Kita, 1(1), 1-11.

Amri, K. (2017). Indek harga konsumen dan belanja modal terhadap indek perilaku korupsi. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, 8(1), 49-65.

Amri, K. (2018). Is there causality relationship between economic growth and income inequality?: Panel data evidence from Indonesia. Eurasian Journal of Economics and Finance, 6(2), 8-20.

Khairul, A. M. R. I. (2018). The macroeconomic impact of regional minimum wages: A cross-province data evidence from Indonesia. Regional Science Inquiry, 10(3), 163-176.

Mukhtar, M., & Wali, M. (2014). Sistem Harga Pokok Produksi dengan Pendekatan Job Order Costing dan Pengaruhnya Terhadap Laba Usaha. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 2(2), 345-355.

Palaguna, S. K., & Indrahti, S. (2016). Preservasi Arsip Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(3), 341-350.

Rizal, S., & Wali, M. (2018). Perbankan Komputer: Teori dan Praktikum. Deepublish.

Sumiyanti, T., Pratimaratri, U., & Susanti, R. (2017). UPAYA RUMAH SAKIT DALAM MENANGGULANGI FRAUD TERHADAP JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) MAYJEN HA THALIB KABUPATEN KERINCI. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Post Graduate, Bung Hatta University, 10(4).

Wali, M. (2015). Kualitas Pelayanan Medis dan Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 3(1), 554-567.

Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.

Wali, M. (2017). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic. NET 2015 Teori dan Praktikum: Indonesia (Vol. 1). KITA Publisher.

Wali, M. (2018). Add-ins Microsoft Office: Add-ins Microsoft Office (Vol. 1). Kita Publisher.

Wali, M., & Ahmad, L. (2017). Perancangan Aplikasi Source code library Sebagai Solusi Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), 39-47.

Wali, M., & Ahmad, L. (2018). Perancangan Access Open Journal System (AOJS) dengan menggunakan Framework Codeigniter dan ReactJs. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2(1), 48-56.

Wali, M., & Safrizal, S. (2018). Similar text sebagai Pengkodean Aplikasi Plagiarisme. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2(1), 11-19.

Yuliani, N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Berkas Rekam Medis Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo). Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 6(1).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>