Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sepatu Nike Di Tengah Kontroversi Israel: (Studi Pada Konsumen Di Kota Bekasi)

Main Article Content

Tyas Wulan Wijayanti
Anggi Alfiani
Putri Ayunda
Dea Istiqomah
R.R Wening Ken Widodasih

Abstract

Penelitian ini muncul pada era kontroversi Israel, dimana isu-isu geopolitik dapat memengaruhi perubahan pasar dan perilaku konsumen. Dinamika keputusan pembelian konsumen pada produk sepatu Nike dipengaruhi oleh faktor-faktor yang kompleks, termasuk citra merek, persepsi harga, sikap konsumen, tingkat kepuasan konsumen sebelumnya, dan persepsi kualitas produk. Penelitian terhadap konsumen di Kota Bekasi bertujuan untuk mengetahui apakah keputusan pembelian sepatu Nike di tengah kontroversi Israel berpengaruh terhadap kepuasan konsumen berdasarkan persepsi citra merek dan persepsi harga. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Non-Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Seluruh pengguna sepatu Nike di Kota Bekasi dijadikan sebagai populasi dalam penelitian. Pengambilan sampel menggunakan rumus perhitungan lemeshow dengan total sampel penelitian berjumlah 100 responden. Metode Smart Partial Least Square (PLS) versi 4 digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Citra merek dan persepsi harga berpengaruh secara langsung, positif, dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Nike. (2) Citra merek dan persepsi harga berpengaruh secara langsung, positif, dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen sepatu Nike. (3) Keputusan pembelian berpengaruh secara langsung, positif, dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sepatu Nike. (4) Citra merek dan persepsi harga berpengaruh secara tidak langsung, positif, dan signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sepatu Nike.


 

Article Details

How to Cite
Wijayanti, T. W., Anggi Alfiani, Putri Ayunda, Dea Istiqomah, & R.R Wening Ken Widodasih. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sepatu Nike Di Tengah Kontroversi Israel: (Studi Pada Konsumen Di Kota Bekasi). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 606–618. Retrieved from https://journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/2191
Section
Articles

References

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Original Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(2), 178-189.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fauzi, A. V., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 426.

Firatmadi, Agung. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies, Vol. 2 No. 2

Firmansyah, M. Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.

Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Airlangga.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali ,l., & Laten. H (2015). Partial least square: Konsep, teknik dan aplikasi menggunkam program smart PLS 3.0 (2nd ed). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair et al,. 2010. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall Harjati, Lily d.

Hartono, Anang & Wahyono. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4 (2).

Kotler, Philip. (1996). Manajemen Pemasaran : Maketing Management 9e. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesatu. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Ed). Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. and Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pratiwi, Nova Rizca. (2021). Pengaruh Hargadan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Zama Homewear Malang). JUBIS, Vol. 2 No. 2 Tahun 2021.

Rangkuti, F. 2004, Riset Pemasaran. Cetakan Kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sarwono, Jonathan. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: ANDI. 226 hal.

Sciffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Schiffman, Leon G dan Leslie L Kanuk. (1997). "Consumer Behavior”., Prentice Hall., New Jersey.

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior (Edisi 11 G). Pearson Education Limited.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.

Syah, Arman. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung (Grup CV Widina Media Utama).

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.

Zusrony, Edwin. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.