Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Employee Engagement terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat

Main Article Content

Rikko Oktaviano Baktiar
Ridlwan Muttaqin
Dadan Abdul Aziz Mubarok

Abstract

Penelitian dibahas tujuannya untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, lingkungan kerja, employee engagement terhadap kepuasan kerja karyawan di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. Penelitian dilakukan dengan kuantitatif pendekatan deskriptif dan verifikatif Data dikumpulkan dari dua sumber, yaitu data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, serta data sekunder. Sampel penelitian terdiri dari 51 orang karyawan, yang dipilih dengan menggunakan metode sampel jenuh. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan beberapa teknik statistik seperti analisis deskriptif, analisis verifikatif, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, serta uji hipotesis baik secara individu (parsial) maupun secara keseluruhan (simultan) dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, employee engagement tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Dan secara simultan disiplin kerja, lingkungan kerja, employee engagement berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja.

Article Details

How to Cite
Baktiar, R. O., Ridlwan Muttaqin, & Dadan Abdul Aziz Mubarok. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Employee Engagement terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 589–598. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2056
Section
Articles

References

Mengacu temuan kesimpulan sebelumnya sehingga terbentuk bersaran dengan dipaparkan antara lain:

DKPP Provinsi Jawa Barat harus, dalam rangka meningkatkan kepuasan kerja, terlibat dalam interaksi sosial secara teratur dengan staf, secara konsisten memberikan bimbingan dan arahan yang berkaitan dengan sistem kerja dan kebijakan perusahaan, dan memfasilitasi jalan untuk masukan dari karyawan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan karyawan.

DKPP Provinsi Jawa Barat berkewajiban untuk secara konsisten menegakkan peraturan yang mengatur personilnya dan memberikan sanksi disiplin kepada mereka yang melanggar atas nama disiplin kerja. Penerapan tindakan-tindakan yang sesuai dengan peraturan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kerja.

Untuk Lingkungan Kerja, DKPP Provinsi Jawa Barat harus melengkapi fasilitas pegawai yang digunakan dalam melakukan pekerjaannya, selain itu fasilitas ruangan seperti mushola, toilet, tempat parkir, dan lainnya harus memadai.

Untuk Employee Engagement, DKPP Provinsi Jawa Barat harus sering menyajikan pelatihan atau mengikuti seminar agar pegawai tidak bingung dalam mengerjakan pekerjaannya, selain itu perusahaan dapat memberikan pegawainya berlibur agar pegawai memiliki banyak energi dan konsentrasi tinggi dalam bekerja.

Referensi:

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep, dan Indikator. Zanafa Publishing.

Bakker, A. B. (2011). An Evidence-Based Model of Work Engagement. Current Directions in Psychological Science, 20(4), 265–269. https://doi.org/10.1177/0963721411414534

Darmawan, Rizal Aji & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Otomotif. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 67–74. https://doi.org/10.53008/kalbiscientia.v9i2.2098

Deisti, Irena & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi , Disiplin Kerja , dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan PT Pusat Pengembangan Properti Syariah Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gunawan, C. (2019). Mahir Menguasai SPSS: Mudah Mengelola Data dengan IBM SPSS Statistic 25. Deepublish.

Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman manajemen sumber daya manusia : strategi mengelola karyawan. CAPS (Center For Academic Publishing Server).

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara. Mangkunegara.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (14th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Muttaqin, R., & Arie Hendra Saputro. (2023). Effect Of Job Description And Compensation On Employee Performance At PT Mettana, Bandung City. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4). https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1351

Priansa, D. J. (2016). Perencanaan & Pengembangan SDM. Alfabeta.

Pringgabayu, D., & Kusumastuti, D. (2016). Peningkatan Keterikatan Karyawan Melalui Sistem Rekrutmen, Desain Pekerjaan, Kompensasi dan Iklim Organisasi Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Bina Ekonomi, 20(10).

Putri, Gheulizka Amanda & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Komitmen Organisasi , Kepuasan Kerja , Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Agronesia Divisi Industri Es Saripetojo. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2757–2767.

Robbins, S. P. (2015). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supartina, Susy & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Komitmen Organisasi, Job Insecurity , dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT Masamedi Intifarmindo Cabang Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2549–2557.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (8th ed.). Kencana.

Wamnebo, Nadila & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Kompetensi , Pelatihan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT Mitra Global Prima Di Kota Cimahi. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2880–2889.

Yantini, Selly Agustiani Saputri & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Self Efficacy , Lingkungan Kerja , dan Motivasi Kerja terhadap Turnover Karyawan (Survei Pada PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk Kantor Cabang Diponegoro Bandung). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2581–2590.

Yoyano , Indri Vani & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional , Kecerdasan Emosional , Dan Lingkungan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2842–2851.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>