Pengaruh Communication Skill Dan Iklim Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi Pada Kelurahan Se-Kota Bukittinggi

Main Article Content

Zuripal Zuripal
Taufik Adi Putra
Heliyani
Almasdi
Dona Amelia

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi, terutama dalam menghadapi persaingan dan tantangan yang semakin besar. Fenomena dan realita di lapangan, prestasi kerja baik dari individu maupun unit kerja pada 24 kelurahan yang ada di Kota Bukittinggi cenderung stagnan karena akan berdampak terhadap suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh communication skill dan iklim organisasi terhadap prestasi kerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel pemoderasi pada seluruh 24 Kantor Kelurahan di Kota Bukittinggi. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang PNS yang terdiri dari 1 orang Sekretaris Lurah dan 3 orang Kepala Seksi di setiap Kantor Kelurahan di Kota Bukittinggi yang bertanggung jawab langsung kepada Lurah. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) berbasis varians PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel communication skill dan iklim organisasi sama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel prestasi kerja pada Kantor Kelurahan se-Kota Bukittinggi. Begitu juga halnya dengan variabel kepuasan kerja yang juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel prestasi kerja.

Article Details

How to Cite
Zuripal, Z., Taufik Adi Putra, Heliyani, Almasdi, & Dona Amelia. (2023). Pengaruh Communication Skill Dan Iklim Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi Pada Kelurahan Se-Kota Bukittinggi . JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 544–554. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i2.1103
Section
Articles

References

Asmar, Zul. (2004). Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi di FPMIPA UPI. Bandung: UPI.

Amelia, D., & Syukmayettil, L. (2021). The Effect Of Business Knowledge, Business Skill, Self Confidence And Innovation On Business Performance Of Small And Medium Industry In The City Of Bukittinggi. In IOP Conference Series: Earth And Environmental Science (Vol. 747, No. 1, P. 012084). IOP Publishing.

Amelia, D., & Wadi, S. (2022). Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Komitmen Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Badan Keuangan Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Profita: Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 161-174.

Bacal, Robert. (2002). Performance Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Byars, Lloyd L Dan Leslie W. Rue. (2000). Human Resources Management, International Edition. New York USA: Irwin-Mcgraw-Hill.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan SPSS, Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.

Harahap, (2010). Pengaruh Karakteristik Individu, Faktor Organisasi & Faktor Psikologis Terhadap Kinerja Dan Desa Di Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2008. Tesis Pascasarjana. Universitas Sumatera Utar.

Heliyani, H. (2020). Peran Non Performing Financing Terhadap Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Dengan Inflasi Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomika Syariah: Journal Of Economic Studies, 4(1), 111-122.

Heliyani, H., & Julianto, H. H. (2019). Analisis Keputusan Investasi Saham Berdasarkan Penilaian Harga Saham Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, 22(2), 128-144.

Luthans, Fred. (2005). Perilaku Organisasi. Edisi Ke 10. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mangkunegara, Anwar Prabu, (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Bandung:PT Remaja Ros Dakarya.

Martini, Yuliano R. (2003). Komitmen Organisasi Ditinjau Berdasarkan Iklim Organisasi Dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Phronesis Vol 5 No. 9.

Mathis.L.Robert Dan Jackson.H.John. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Buku Kedua.

Murdi, H., & Putri, A. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Payakumbuh. jurnal ekonomi, 23(1), 50-66.

Nurlaini, N., & Almasdi, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variable Intervening Pada Pt Xyz. Jurnal PROFITA: Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 101-119.

Robbins, Stephenp. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Rusdil, R., Yulihasri, Y., & Zuripal, Z. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Pelatihan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (Pupr) Kabupaten 50 Kota. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(2), 72-84.

Setyaji, Andika Wishnu, (2015) Pengaruh Kepuasan Komunikasi Bawahan Dan Kompetensi Komunikasi Atasan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada BPS Provinsi Jawa Tengah) Surakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Siagian, Sondang P (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono,. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutrisno, Et.Al, (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan PT. Fumira Semarang), Semarang: Universitas Pandanaran Semarang.

Suryanto, D. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kompensasi Sebagai Variabel Intervening. Management Studies And Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(2), 98-109.

Suryanto, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderating. Management Studies And Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(1), 1-12.

Wibowo, Edi, (2010). Pengaruh Kepemimpinan, Organizational Citizenship Behaviour, Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kera Pegawai (Studi Padadinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Grobogan), Surakarta: Universitas Slamet Riyadi Surakarta.