Analisis Efektivitas Iklan Produk Mobil Toyota Avanza di Kota Banda Aceh

Main Article Content

Sufyan Sufyan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklan mobil toyota Avanza di Kota Banda Aceh. Responden penelitian sebanyak 94 orang pengguna mobil tersebut yang diambil secara convinience sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan selanjutnya data dianalisis secara deskriptif mengacu pada AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai tolok ukur efektifitas iklan. Penelitian ini menemukan bahwa iklan mobil Toyota Avanza sudah efektif. Iklan mobil tersebut mampu membuat konsumen untuk memberikan perhatian terhadap iklan dan produk yang diiklankan. Iklan produk tersebut juga sudah mampu menimbulkan minat konsumen terhadap produk, membangkitkan kebutuhan/keinginan konsumen terhadap manfaat produk, dan selanjutnya iklan mobil Toyota Avanza juga mampu mendorong konsumen untuk mengambil tindakan yang mengarah pada pembelian produk

Kata Kunci : Efektivitas Iklan, Attention, Interest, Desire, dan Action

Article Details

How to Cite
Sufyan, S. (2017). Analisis Efektivitas Iklan Produk Mobil Toyota Avanza di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 1(1), 20–26. Retrieved from https://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/3
Section
Articles

References

Albari., (2007), Efektivitas Iklan Televisi Sabun Pembersih Muka di Kota Banda Aceh (Pendekatan Consumer Decision Model). Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, 9(1), 1-21.

Assael, H., (2002), Consumer Behavior & Marketing Action. International Thomson Publishing. Cincinnati Ohio.

Assauri, Sofyan., (2007), Manajemen Pemasaran, Edisi I, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Azwar, Saifuddin., (2005), Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi Kedua, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Engel, James F, Blackwell, Ronger D, dan Miniard, Paul W., (2002), Perilaku Konsumen, Penerbit Bina Rupa Aksara, Jakarta.

George, Belch. & Belch, Michael. A., (2001), Advertising and Promotion An Integreted Marketing Communication Perspective. 5th Edition, McGraw-Hill.

Kasali, Rhenald., (2002), Manajemen Periklanan dan Applikasinya di Indonesia, Edisi Keempat, Pustaka Utama Grafika, Jakarta.

Kotler, Philip., (2001), Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Keller., (2007), Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, PT Indeks, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat., (2003), Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis ?, Erlangga, Jakarta.

Lee, Monle dan Carla Johnson., (2004), Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global, Terjemahan: Haris Munandar dan Dudy Priatna, Prenada Media, Jakarta.

Malhotra, Naresh K., (2005), Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan, Alih Bahasa, Rusyadi Maryam, Edisi Keempat, Indeks, Jakarta.

Morisson., (2008), Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional, Edisi Pertama, Cetakan Ke-1 Prenada Media Group, Jakarta.

Mowen dan Minor., (2002), Perilaku Konsumen, Jilid 1, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta.

Payne, Adrian., (2002), The Essence of Service Marketing Pemasaran Jasa, Terjemahan: Fandy Tijiptono, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Suliyanto., (2006), Metode Riset Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Suyanto., (2007), Marketing Strategy Top Brand Indonesia, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein., (2005), Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Zuraida, Ludika dan Uswatun., (2001), Analisis Efektivitas Iklan Rinso Soklin dan Attack Dengan Menggunakan Consumer Decision Model (CDM), Manajemen Usahawan Indonesia No. 04 TH. XXX April 2001.