Pengaruh Penempatan dan Beban Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh

Main Article Content

Saiful AMRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan dan beban kerja terhadap motivasi kerja pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh. Populasi penelitian ini berjumlah 404 orang pegawai, dan teknik penarikan sampel menggunakan teknik slovin sehingga diperoleh 44 orang pegawai sebagai sampel. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penempatan dan beban kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh, hal ini dibuktikan bahwa penempatan dan beban kerja merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja pegawai sebesar 60,6 dan sisanya sebesar 39,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari pada penelitian ini, misalnya penghargaa, kompensasi, budaya organisasi, disiplin kerja dan lain-lain. Nilai koefesien korelasi (R) menunjukkan bahwa derajat hubungan (korelasi) antara penempatan dan beban kerja dengan motivasi kerja sebesar 77,8%, artinya motivasi kerja pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh mempunyai hubungan cukup erat dan positif dengan penempatan dan beban kerja. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa penempatan dan beban kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh, dengan nilai Fhitung>Ftabel (31,475>3,226). Sedangkan secara parsial penempatan dan beban kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh, dengan nilai thitung>ttabel (4,756 dan 2,109>2,017). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel penempatan (X1) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap motivasi kerja pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh, dengan nilai koefisien sebesar 0,590, kemudian diikuti oleh variabel beban kerja (X2) dengan nilai koefisien sebesar 0,262.

Article Details

How to Cite
AMRI, S. (2020). Pengaruh Penempatan dan Beban Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.35870/jemsi.v6i1.335
Section
Articles
Author Biography

Saiful AMRI, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Devi Sartika, Bambang Swasto dan Heru Susilo. 2008. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pekerjaan Umum di Sumatera Selatan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 6, Nomor 2, ISSN 142-6435. Universitas Brawijaya: Malang.

Dhania Rama, Dhini. 2010. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi pada Medical Representatif di Kota Kudus). Jurnal. Universitas Muria Kudus: Kudus.

Frans Farlen. 2011. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. United Tractors Tbk Samarinda). Skripsi. Universitas VETERAN: Yogyakarta.

Faustino Cardoso. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Edisi II. Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

George & Jones. 2009. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy), Diterjemahkan oleh Ricky Istamto, Rajawali Pers: Jakarta.

Made Bagus Githa Wijaya dan I Wayan Suana. 2013. Pengaruh Penempatan Dan Pengalaman Terhadap Kepuasan Dan Kinerja Karyawan Hotel Melia Benoa Pada Bagian food and beverage service. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Sumber Daya Manusia perusahaan. Remaja. Rosdakarya: Bandung.

Marthis, Robert L. dan Jackson, John H. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat: Jakarta.

Nawawi, Hadari. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Penerbit Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Rival, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. PT. Raja Grafindo: Jakarta.

Robbins, S. P. 2009. Perilaku Organisasi. PT Macanan Jaya Cemerlang: Jakarta.

Saydam Gouzali. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Toko Gunung Agung: Jakarta.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Mandar Maju: Bandung.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business: Metodologi Penelitian : Untuk Bisnis. Salemba Empat: Jakarta.

Setiaji, Bambang. 2009. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.

Siswanto. 2007. Pengantar Manajemen. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.

Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Panitia Sertifikasi: Surakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta: Bandung.

Suryabrata, Sumadi. 2009. Metodelogi Penelitian. Rajawali Pers: Jakarta.

Supardi, M.d. 2007. Metodelogi Penelitian. Yayasan Cerdas Press: Mataram.

Tarwaka. 2011. Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Harapan Press Solo: Solo.

Umar, Husein. 2011. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan, Seri Desain Penelitian Bisnis. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Wagner, John dan John R. Hollenbeck. 2009. Organizational Behavior: Securing Competitive Advantage. Routledge: New York.

Winardi. 2011. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Cetakan ke 6, Rajawali Pers: Jakarta.