Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Blibli (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa)

Main Article Content

Eti Marpuah
Basar Maringan Hutauruk

Abstract

Mudahnya akses internet membuat masyarakat mengubah kegiatan berbelanjanya dari yang semula berbelanja langsung ke toko konvensional menjadi beralih ke berbelanja di toko online atau biasa disebut e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Blibli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan keputusan pembelian di e-commerce Blibli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas & uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana & berganda, uji t & uji f, dan koefisien determinasi. pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama ditolak dan secara parsial menunjukkan tidak adanya pengaruh  dan tidak sigifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian, hipotesis kedua diterima dan menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian lalu hipotesis ketiga diterima dan menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga secara simultan bepengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Blibli.


 

Article Details

How to Cite
Marpuah, E., & Basar Maringan Hutauruk. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Blibli (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1205–1215. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1244
Section
Articles

References

Adha, M. Alvi Riyandi. 2019. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Cv. Antara Service Lestari Medan.”

Anggita, Rizza, and Hapzi Ali. 2017. “The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District).” Scholars Bulletin (A Multidisciplinary Journal) 3 (6): 261–72. https://doi.org/10.21276/sb.

Busrah, Busrah. 2017. “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Fkip Unasman” 13 (3): 1576–80.

Jannah, Evi Nurul. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store Di Jember.”

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7 (1): 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528.

Polla, Febriano Clinton, Lisbeth Mananeke, and Rita N Taroreh. 2018. “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6 (4): 3068–77. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224.

Simorangkir, Ade Saputra. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Swalayan 88 Kota Padangsidimpuan.”

Wibisono, Ekky Suti. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah Di Balongbendo. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53.