Upaya Meminimumkan Biaya Pemeliharaan Mesin dengan Metode Preventive dan Breakdown Maintenance pada Workshop Arita Steel Medan

Main Article Content

Masri ALI
ARHAMI

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis perawatan Arita Steel bengkel yang diaplikasikan pada mesin cetak mirror merk Sumitomo TP41 buatan Jepang. Periksa kedalaman pemeliharaan preventif dan pemeliharaan jika terjadi kegagalan sistem pemeliharaan yang diterapkan. Ini juga mengidentifikasi perbandingan yang paling efektif untuk meminimalkan biaya pemeliharaan antara biaya pencegahan dan biaya waktu henti. Jenis penelitian deskriptif. Teknologi perolehan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Ada 45 mesin berdasarkan data dari Workshop Ariita Steel, dan satu tahun masalah memiliki 30 mesin. Untuk meminimalkan biaya dan mengurangi kerusakan mesin, peneliti membandingkan kedua metode ini dan menemukan bahwa pedoman pencegahan lebih efektif daripada kebijakan runtuh. Mesin Rp. 31.630.769.23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status pemeliharaan perusahaan dapat mengkonfirmasi keadaan mesin yang dianalisis secara signifikan. Biaya pemeliharaan perusahaan sebesar RP. 122.163.077 per bulan.

Article Details

How to Cite
ALI, M., & ARHAMI. (2021). Upaya Meminimumkan Biaya Pemeliharaan Mesin dengan Metode Preventive dan Breakdown Maintenance pada Workshop Arita Steel Medan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 94–97. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.612
Section
Articles
Author Biographies

Masri ALI, Universitas Syiah Kuala

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

ARHAMI, Universitas Syiah Kuala

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

References

Alatas, S. H. (2013). The Myth of the Lazy Native: A Study of the Image of the Malays, Filipinos and Javanese from the 16th to the 20th Century and Its Function in the Ideology of Colonial Capitalism. Routledge.

Assauri, S. (2008). Manajemen produksi dan operasi.

Cudney, E. A., & Agustiady, T. K. (2016). Design for six sigma: a practical approach through innovation. CRC Press.

Hasibuan, M. S. (2007). Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah, Edisi Revisi, Jakarta; Bumi Aksara

Heizer, J., Render, B., Munson, C., & Sachan, A. (2017). Operations management: sustainability and supply chain management, 12/e. Pearson Education.

Rastogi, M. K. (2010). Production and operation management. Laxmi Publications, Ltd.

Rayna, T., & Striukova, L. (2016). From rapid prototyping to home fabrication: How 3D printing is changing business model innovation. Technological Forecasting and Social Change, 102, 214-224.

Syamsudin , Damiayanti, (2011), Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya

Tampubolon, M. P. (2004). Manajemen operasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.