Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Aplikasi Tiket.com

Main Article Content

Rifqi AGIANTO
Mochammad Noor Arif WIRASAPUTRA
Ricky FIRMANSYAH

Abstract

Tiket.com merupakan sebuah aplikasi travel online yang dapat membantu para penggunanya untuk melakukan pemesanan tiket melalui jaringan internet seperti tiket pesawat, tiket kereta api, reservasi hotel dan sebagainya. Pengguna aplikasi Tiket.com banyak didominasi oleh mereka yang membutuhkan kemudahan dalam proses bepergian. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah teknologi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen pada aplikasi Tiket.com sudah berjalan secara optimal atau belum dan sebesar apa pengaruh dari penerapan sistem informasi manajemen ini dalam proses kegiatan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dengan membaca referensi buku, artikel dan jurnal yang dibuat oleh para ahli untuk memperoleh data yang akurat sehingga tidak terjadi manipulasi data ataupun hal lainnya. Subjek dari penelitian ini adalah aplikasi travel online yakni Tiket.com. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem informasi manajemen telah dilakukan secara maksimal mulai dari penyebaran informasi kepada penggunanya sehingga memberikan kemudahan dan kepuasan tersendiri  kepada mereka. Selain itu, dengan diterapkannya sistem informasi manajemen pada aplikasi Tiket.com membawa pengaruh yang sangat baik dalam menunjang kegiatan bisnis.

Article Details

How to Cite
AGIANTO, R., Noor Arif WIRASAPUTRA, M., & FIRMANSYAH, R. (2021). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Aplikasi Tiket.com. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i1.510
Section
Articles
Author Biographies

Rifqi AGIANTO, STEMBI Bandung Business School

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Jl. Buah Batu No.26, Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Mochammad Noor Arif WIRASAPUTRA, STEMBI Bandung Business School

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Jl. Buah Batu No.26, Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Ricky FIRMANSYAH, Universitas Ars

Universitas Ars Jl. Sekolah Internasional No.1-2, Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

References

Abidin, Y. (2015). Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Burnima, R. D., & Wardhana, A. (2017). Analisis Kualitas Website Tiket.com. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 82.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Haris, M. A. (2017). Analisis Penerapan SIstem Informasi pada PTGO-JEK Indonesia.

Hartono, B. (2013). SIstem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, A., Jamaludin, J., Yuliana, Y., Sudirman, A., & Wirapraja, A. (2020). E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Hutahaean, J., Purba, R. A., Siagian, Y., Heriyani, N., St Amina, H. U., & Syah, A. Z. (2021). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. . Yayasan Kita Menulis.

Kumorotomo, w. (1994). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Gava Media.

Laudon, K., & Laudon, J. (2013). Management Information System: Managing the Digital Firm. Pearson Education Limited.

Nugroho, A. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi.

Nurjannah, Kusyanti, A., & Herlambang, A. D. (2017). Evaluasi Kualitas Layanan Situs Tiket.com Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Webqual dan Importance – Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Simarmata, J., Chaerul, M., Mukti, R. C., Purba, D. W., Tamrin, A. F., & Jamaludin, J. (2020). Teknologi Informasi: Aplikasi dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis