Pengaruh Kecerdasan Emosional (Emotional Quotients) dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotients) Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Main Article Content

RADHIANA RADHIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai kantor Dinas Perhubungan Provinsi Aceh. Populasi dalam penelitian berjumlah 209 orang yang merupakan  pegawai  kantor Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, Sampel dalam penelitian ini inimengunakan rumus Slovin yang berjumlah  68 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian variable kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara simultan  berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, karena nilai F hitung sebesar 5,752 lebih besar dari F tabel sebesar 2,352. Variabel kecerdasan Emosional  (X1) secara parsial  berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, karena nilai thitung sebesar 2,863lebih besar dari ttabel sebesar 1,995.  Variabel kecerdasan spiritual  (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Perhubungan provinsi Aceh, karena nilai thitung sebesar 2,569 lebih besar dari ttabel sebesar 1,995. Nilai koefisien korelasi (R) menunjukkan nilai sebesar 0,684 yang menandakan bahwa hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen adalah positif karena memiliki nila R > 0,5. Nilai R2 sebesar 0,734 menunjukkan bahwa hanya sebesar 73,4 % variasi variabel dependen (kinerja pegawai) yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen (kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual) dalam penelitian ini. Sedangkan sisanya yang sebesar 26,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian yang mungkin dapat mempengaruhi kinerja pegawai.

Article Details

How to Cite
RADHIANA, R. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Emotional Quotients) dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotients) Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 6(1), 32–44. https://doi.org/10.35870/jemsi.v6i1.336
Section
Articles
Author Biography

RADHIANA RADHIANA, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

References

Amir, Saddam. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Agustian, Ary Ginanjar. 2010. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga.

Dessler. 2010. Pengaruh Keterikatan Karyawan (Mployee engagement) Terhadap Kinerja Kryawan. Palembang: PT. Badja Baru

Ghassani, Radya. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Intelektual (IQ), Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat DPRD Provinsi Riau. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jogyakarta.

Ghozali. 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. 2014. Emitional Intelligence. Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. (Terjemahan T. Hermaya). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hawari. 2014. Psikometri Alat Ukur (Skala) Kesehatan Jiwa. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Mahmudah. 2015. Filsafat Eksistensialisme: Telaah Ajaran Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Di Indonesia. Insania, 14 (3), 336-447.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo. 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Paisal, dkk. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Palembang Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-IV. Nopember 2010.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Andi Offset: Yogyakarta.

Ramayulis dan Samsul Nizar. 2014. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Robbins dan Judge. 2013. Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Rangkuti. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rosdaranita, Alifah, Diana. 2017. Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan di CV. Sidiq Manajemen Yogyakarta.Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga: Yogyakarta.

Simanjuntak, J. Payaman. 2015. Manajemen & Evaluasi Kinerja. Jakarta: FEUI.

Stein, S.J dan Book, H.E. 2013. Ledakan EQ. Limabelas Prinsip Dasar Kecerdasan Emosi Meraih Sukses (Terjemahan Trinanda Riani Januarsari dan Yudhi Murtanto). Bandung: Kaiffa

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sobandi. 2014. Perilaku Kewargaan Organisasi (Organizational Citizeship Behavior )Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi.

Santoso. 2014. Studi Deskriftif Effect Size Penelitian-Penelitian. di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta: Juranal Penelitian.

Sarboini, 2016 Performance of Employees and Impect On Promotion Of Position, Jurnal Ilmiah Peuradeun Vol 4, No 1, Januari 2016 Hal ( 103 – 113)

Subudi Made (2015) Tentang: Pengaruh Kompetensi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan.Si Doi Hotel Dan Restaurant Legian.

Suharsono. 2014. Melejitkan IQ, IE & IS. Jakarta: Inisiasi Pess.

Taufik. 2015. Empati: Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo.

Triana (2013) tentang: Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional Dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Universitas Mulawarman: Kalimantan Timur

Widodo. 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.