Pemahaman Akuntansi dan Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan

Main Article Content

Sri Susanti
Made Yudi Darmita
Tiara Kusuma Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pemahaman akuntansi dan pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) terhadap kualitas laporan keuangan di STIKes Wira Medika Bali. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden yang merupakan karyawan STIKes Wira Medika Bali. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi dan pemanfaatan SIA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan di STIKes Wira Medika Bali, baik secara parsial maupun simultan. Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat pemahaman akuntansi serta efektivitas pemanfaatan SIA memiliki peranan penting dalam memengaruhi kualitas laporan keuangan di STIKes Wira Medika Bali. Kesimpulannya, peningkatan pemahaman akuntansi dan pemanfaatan SIA dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan di STIKes Wira Medika Bali. Hal ini memiliki implikasi penting bagi manajemen untuk memperhatikan pengembangan kompetensi akuntansi serta optimalisasi penggunaan SIA guna meningkatkan akurasi dan relevansi informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan.

Article Details

How to Cite
Susanti, S., Darmita, M. Y. ., & Dewi, T. K. (2024). Pemahaman Akuntansi dan Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1485–1490. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2387
Section
Articles

References

Ariesta, Fadila. 2021. Pengaruh Kualitas Sumberdaya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Di Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang

Artana, Arlia Sari. 2022. “Pengaruh Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah, dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”, Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Bodnar H George William S., and Hopwood. Accounting Information System. Edisi 9. Terjemahan. Penerbit Andi, 2007.

Bodnar, G. H., and Hopwood W. S. Accounting Information Systems, 10 th Edition, Pearson Education Inc., Upper Saddle River-New Jersey, 2010.

Bahri, 2021. Pemahaman akuntansi bagi para pelaku bisa membuat laporan sesuai dengan kemampuannya tetapi tetap berdasarkan pada standar akuntansi yang berlaku.

Diani, Irma Dian. 2023. “Pengaruh Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah, dan Peran Internal Audit terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kota Pariaman)” Jurnal Akuntansi. Vol 2 No. 1-23.

Ghozali, Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakan VII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Sari dkk 2020 Pemanfaatan sistem informasi akuntansi merupakan penerapan sistem mulai dari pengelompokan, penggolongan, pencatatan dan pemrosesan aktifitas keuangan kedalam sebuah laporan keuangan sebagai suatu informasi yang nantinya dapat digunakan oleh pihak tertentu dalam pengambilan keputusan dalam proses penyusunan laporan keuangan

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supian. (2022). Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus (LPJ). Labuan: Hikmah Labuan

Yuliani, Safrida, Nadirsyah, dan Usman Bakar. 2020. “Pengaruh Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah, dan Peran Internal Audit terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada pemerintah Kota Banda Aceh)”, Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi. Volume 3 No. 2 hal 206-220, 2010