Analisis Sistem Rekrutmen, Pelatihan, dan Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Asian Cotton Industry

Main Article Content

Destyani Mariah Sholihah

Abstract

Penelitian ilmiah yang berjudul “Analisis Sistem Rekrutmen, Pelatihan, dan Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Industri Kapas Asia.” Ini merupakan penelitian yang membahas tentang proses rekrutmen, pelatihan, dan penempatan kerja pada PT. Asian Cotton Industry yang bertujuan untuk menjawab fenomena persaingan antar perusahaan tekstil disekitarnya yang lebih fokus pada kualitas produk dan produksi sebagai acuan PT. Asian Cotton Industry dalam meningkatkan persaingan dengan menganalisis sistem rekrutmen, pelatihan, dan penempatan kerja atas kinerja karyaw yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan informan, observasi, serta dokumentasi terkait data pendukung dan bukti-bukti yang kuat. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif selama dilapangan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan kesimpulan yang dilakukan penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem rekrutmen di PT. Asian Cotton Industry sudah cukup baik karena menggunakan dua metode yaitu internal (kekeluargaan) dan eksternal (mandiri). Pelatihan yang dilakukan sesuai dengan kebijakan perusahaan yang memudahkan calon karyawan menguasai pekerjaan dan meningkatkan keahlian dimana terdiri dari tiga pelatihan yaitu pelatihan teori dasar, pelatihan teori inti, dan praktek ujian. Penekanan yang dilakukan menganut penuh pada indikator yang sudah ditetapkan. Sistem rekrutmen, pelatihan, dan penempatan kerja berperan besar dalam meningkatkan kinerja karyawan baik karyawan baru maupun karyawan lama dengan sistem rekrutmen yang sesuai, pelatihan yang baik, serta penempatan kerja yang tepat akan membantu karyawan dalam mengembangkan kemampuan dan keahlian untuk meningkatkan kinerja yang dihasilkan.

Article Details

How to Cite
Sholihah, D. M. (2024). Analisis Sistem Rekrutmen, Pelatihan, dan Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Asian Cotton Industry . JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1134–1143. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2259
Section
Articles

References

Abdussamad, H. Z. (2021). Metode penelitian kualitatif.

Amelya, B., Nugraha, S. J., & Puspita, V. A. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PT Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk Sebelum Dan Setelah Adanya Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ), 5(3), 534–551.

Milah, A. A. R. S. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karir Terhadap Semangat Kerja. Repositori Universitas Siliwangi, 1–152.

Muzakki, M., Eliyana, A., & Muhtadi, R. (2019). Is Employee Performance Affected by Organizational Cuoture, Work Motivation and Organizational Citizenship Behavior (OCB)?: An Empirical Investigation. IJIEEB : International Journal of Integrated Education, Engineering and Business, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.29138/ijieeb.v2i1.810

Nainggolan, W.D.M., Sunuharyo, B.S., & Aini, E. K. (2018). Pengaruh on the job training dan off the job training terhadap kemampuan kerja dan kinerja. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 190–197.

Nuraeni, N. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Seleksi Calon Karyawan. Swabumi, 6(1), 63–71. https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3317

Pessach, Dana. Singer, Gonen. Avrahami, Dan. Chalutz, Hila. Shmueli, Erez. Ben-Gal, I. (2020). Perejrutan karyawan: Pendekatan analitik preskriptif melalui pembelajaran mesin dan pemrograman matematika. PubMed Central.

Pujianti, T. (2018). Analisis Rekrutmen, Training dan Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di KJKS BMT Mitra Muamalat Kudus menggunakan jenis studi kasus atau lapangan (field research). 1–23.

Suparno, A. (2019). Pengaruh kebijakan promosi jabatan dan rotasi pekerjaan terhadap kinerja karyawan pemkot bandung. Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 1, 27–38.