Meninjau Organizational Citizenship Behavior dalam meningkatkan Kinerja Karyawan PT Bhumi Jati

Main Article Content

Wawan Setiawan
Budi Djatmiko

Abstract

Kinerja karyawan dapat menjadi salah satu tolak ukur tentang bagaimana sumber daya manusia yang ada pada suatu perusahaan sudah berperan terhadap kemajuan perusahaan atau belum. Dalam meningkatkan Kinerja karyawan, bisa dimulai dengan meningkatkan kesadaran dari karyawan tersebut untuk mampu berinovasi dan memotivasi diri sendiri untuk melakukan pekerjaan sebaik-baiknya, Kontribusi karyawan terhadap organisasi akan makin tinggi jika organisasi dapat memberikan hal yang menjadi keinginan karyawan. Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan istilah bagi karyawan yang memberikan nilai lebih terhadap pekerjaan yang menjadi tugasnya maupun nilai tambah bagi perusahaan. penelitian ini dilakukan di PT Bhumi Jati Power, subjek penelitian atau responden adalah Karyawan PT Bhumi Jati Power tersebut dimana dalam penelitian ini penulis akan menganalisis deskripsi tentang gambaran serta hubungan kausalitas antara Organizational citizenship behaviour dengan kinerja karyawan PT Bhumi Jati Power.Penulis menggunakan metode penelitian berdasarkan analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Organizational citizenship behaviour pada PT Bhumi Jati Power menunjukan hasil yang tinggi, dan Kinerja karyawan pada PT Bhumi Jati Power menunjukan hasil yang tinggi juga. Serta Organizational citizenship behaviour terbukti secara signifikan dapat meningkatkan kinerja karyawan di PT Bhumi Jati Power

Article Details

How to Cite
Setiawan, W., & Djatmiko, B. (2024). Meninjau Organizational Citizenship Behavior dalam meningkatkan Kinerja Karyawan PT Bhumi Jati. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1059–1065. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2249
Section
Articles

References

Adiawaty, S., & Daso, M. A. (2023). Dampak Pemberdayaan Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Organizatioan Cityzenship Behavior Karyawan Generasi Y. JURNAL LENTERA BISNIS, 12(3), 771-779.

Kim, S. H., Kim, M., & Holland, S. (2020). Effects of intrinsic motivation on organizational citizenship behaviors of hospitality employees: The mediating roles of reciprocity and organizational commitment. Journal of Human Resources in Hospitality & Tourism, 19(2), 168-195.

Lamazi, M. K., & Subagio, M. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP PERILAKU EKSTRA PERAN PEGAWAI DI DITKERSINHAN. Jurnal Ilmiah Manajemen SURYA PASCA SCIENTIA, 11(1).

Mangkunegara, A. A. P. (2018). Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia.

Organ, D. W. (1994). Personality and organizational citizenship behavior. Journal of management, 20(2), 465-478.

Rivai, V., & Sagala, E. J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 115.

Sarboini, S., & Mariati, M. (2020). Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Aceh. Jurnal EMT KITA, 4(1), 1-10.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alafabeta.