Analisis Efesiensi Dan Efektivitas Penggunaan Modal Kerja Ukm Cafe Booth Container Di Alun-Alun Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep

Main Article Content

Muh Hikbal
Benyamin Mongan
Manuel augusTodingbua

Abstract

Penelitian atau eksplorasi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas pemanfaatan modal kerja pada usaha kecil menengah kemasan kopi di Alun Alun Segeri Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian empiris. Penelitian didasarkan pada informasi faktual yang diperoleh dari observasi atau kejadian nyata. Peneliti harus melihat fakta-fakta yang muncul dan belum ada pekerjaan yang ada dihadapan peneliti untuk mengkonfirmasi dan menguji apakah usaha kecil dan menengah dapat bertahan dari usaha kecil dan menengah yang fokus pada seluruh aspek perputaran modal kerja terutama profitabilitas. dan efektivitas pengelolaan modal. Hal ini dikarenakan Booth Cafe merupakan salah satu usaha baru bagi pelaku usaha kecil dan menengah di kawasan Segeri yang dapat berperan sebagai usaha untuk merangsang semangat generasi muda untuk memulai usaha sehingga usaha tersebut akan menghasilkan keuntungan. Karena usaha kecil dan menengah, seperti yang menggunakan lemari es, menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran, penting untuk memantau penjualan dan pendapatan bulanan secara ketat serta menganalisis efisiensi dan efektivitas pengelolaan modal kerja. Dari hasil penelitian, data sekunder dikumpulkan dari tahun ke tahun, dan analisis pemanfaatan modal perusahaan kecil dan besar menunjukkan adanya kenaikan atau penurunan rasio perputaran modal kerja, perputaran modal dan tingkat perputaran modal kerja. tahun lalu , menguntungkan bagi nilai tukar pada tahun 2021 dan 2022, namun rasio keuntungan dapat dikatakan menguntungkan dalam tiga tahun terakhir, namun efisiensi penjualan akan menurun pada tahun 2023 karena banyaknya pesaing yang menjual produk tersebut. wadah kecil dan menengah untuk perusahaan kopi, menunjukkan bahwa penggunaan modal kerja telah disesuaikan dengan baik sesuai dengan metode menghasilkan pendapatan bagi stand yang ada.

Article Details

How to Cite
Hikbal, M., Benyamin Mongan, & Manuel augusTodingbua. (2024). Analisis Efesiensi Dan Efektivitas Penggunaan Modal Kerja Ukm Cafe Booth Container Di Alun-Alun Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep . JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1012–1025. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2226
Section
Articles

References

Sofyan, M. O. H. A. M. M. A. D. "Rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan." Akademika 17.2 (2019): 115-121.

SATAHI, P. U. K. S. P. K. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN AKUNTANSI.

Ali, Sri Indriyani. "ANALISIS PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN

RENTABILITAS EKONOMI PADA PT. P&P BANGKINANG CRUMB RUBBER FACTORY PEKANBARU." Jurnal Khazanah Ulum Ekonomi Syariah (JKUES) 6.2 (2022): 26-36.

Rabiqy, Y. (2018). Analisis Hubungan Earning Per Share Dengan Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia. EKOMBIS: JURNAL FAKULTAS EKONOMI, 4(1).

Darmawan, Wayan, et al. "Juvenile and mature wood characteristics of short and long rotation teak in Java." IAWA journal 36.4 (2015): 428-442.

Marfuah, Anggita Siti Nur. PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN

PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP ROA (RETURN ON ASSETS) (Studi Empiris pada

Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 20112014). Diss. Universitas Widyatama, 2016.

Discher, D. E., et al. "Filamen ini agoin diasumsikan tidak berkontribusi untuk membentuk mem." J. Sel Biol 108: 467-479.

Suharli, M., & Rachpriliani, A. (2006). Studi empiris faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu

pelaporan keuangan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 34-55.