Implementasi Rencana Induk Pengembangan Kawasan Pariwisata Linggai Kabupaten Agam

Main Article Content

Sefriameli
Khairul

Abstract

Pariwisata merupakan industri yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia. Salah satu objek wisata yang menjadi fokus pengembangan adalah Linggai, yang telah mengalami peningkatan anggaran pembangunan dari tahun 2017 hingga 2021. Meskipun pemerintah daerah serius dalam mengembangkan Linggai, implementasi dari kebijakan pembangunan destinasi pariwisata ini belum sepenuhnya efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor dominan yang mempengaruhi implementasi pembangunan destinasi pariwisata, khususnya objek wisata Linggai, di Kabupaten Agam dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Rencana Induk Pengembangan Kawasan Pariwisata Linggai belum efektif karena beberapa faktor. Kemudian dalam penelitian ini juga terlihat bahwa objek wisata Linggai belum menyumbang lebih dari 10% dari total target kunjungan objek wisata Kabupaten Agam. Hal ini menunjukkan bahwa upaya promosi dan peningkatan kualitas layanan perlu ditingkatkan untuk menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke daerah tersebut. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan agar pemerintah daerah Kabupaten Agam lebih fokus dalam mengatasi kendala aksesibilitas dan sarana prasarana di sekitar objek wisata Linggai. Selain itu, perlunya peningkatan kualitas pelayanan dan promosi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat juga perlu ditingkatkan dalam memajukan pariwisata daerah ini.

Article Details

How to Cite
Sefriameli, & Khairul. (2023). Implementasi Rencana Induk Pengembangan Kawasan Pariwisata Linggai Kabupaten Agam. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 2278–2290. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i5.1612
Section
Articles

References

Antara Sumbar (2017) ‘Sumbar Bantu Bangun OW Linggai’. Available at: https://sumbar.antaranews.com/berita/200754/sumbar-bantu-bangun-objek-wisata-linggai-agam.

Arifa A (2022) Pengertian Pendekatan Penelitian, Jenis, dan Contohnya. Available at: https://penelitianilmiah.com/pendekatan-penelitian/.

BPS (2021) ‘kontribusi pariwisata terhadap perekonomian indonesia’. Available at: https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/03/1892/kontribusi-pariwisata-terhadap-perekonomian-indonesia-2020.html.

Butler, R. (1980) ‘The Tourism Area Life Cycle’, Vol 1. Available at: https://doi.org/10.21832/9781845410278.

Butler, R.W. (1993) ‘Tourism Development in Small Islands across the World’.

D. Getz (1991) ‘Tourism Planning and Destination Management’.

Direktorat Jenderal Pariwisata (2014) Panduan Pelaksanaan Perencanaan Pariwisata Daerah. Direktorat Jenderal Pariwisata.

Fanny Febriani (2016) ‘Pengembangan Pariwisata dan Dampaknya terhadap Ekonomi Masyarakat di Daerah Wisata’.

Ida Ayu Diah Laksmi Gayatri (2020) ‘Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata Kawasan Nusa Penida Di Kabupaten Klungkung Provinsi Bali’.

Indriastuti, W.A. (2020) ‘Analisa Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke De Tjolomadoe Karanganyar Jawa Tengah’.

Inskeep, E. (1991) ‘An integrated and sustainable development approach’.

John W. Creswell (2015) Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. 3rd edn. Edited by Saifuddin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juliansyah Noor (2015) Metodologi penelitian skripsi, tesis, disertasi, & karya ilmiah. 5th edn. Jakarta.

Lexy J. Moleong (2018) Metodologi penelitian kualitatif. 38th edn. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M. N. Nafi’an dan E. Yuliana (2018) ‘Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata: Studi Kasus di Kabupaten Blitar’.

Mair, H. (2002) Community-Based Tourism. Springer, Cham.

Pakhudin, Arenawati, T.S. (2022) ‘Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata Daerah Banten Lama Kota Serang’.

Saiful, M., & Harun, A. (2019) ‘Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Sukabum’. Available at: https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.2.7.

Sefira Ryalita Primadany, Mardiyono, R. (2015) ‘Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata’.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. 3rd edn. Bandung: Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (1991) Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Ed. Rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahidmurni (2008) Cara mudah menulis proposal dan laporan penelitian lapangan : pendekatan kualitatif dan kuantitatif (skripsi, tesis dan disertasi). 1st edn. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

World Tourism Organization (2013) ‘A practical guide to sustainable water management in tourism destinations’.