Analisis Swot Kesiapan Strategi Account Officer Dalam Implementasi Pembiayaan Bank Aceh Syariah

Main Article Content

Rahmah Yulianti
Cut Hamdiah

Abstract

Perkembangan bisnis pembiayaan perbankan syariah tidak terlepas dari peran account officer yang merupakan sosok penting dalam pemasaran produk pembiayaan. Dengan ditetapkannya fungsi dan peran account officer di Bank Syariah, maka perkembangan Bank Syariah akan semakin terwujud, tahun 2021 Bank Aceh berhasil mencapai kinerja keuangan yang baik, salah satunya adalah pencapaian kinerja pembiayaan. Pembiayaan meningkat 6,98% menjadi Rp. 16.345.844 juta. Fokus penelitian yaitu Bagaimana kekuatan dan kelemahan kesiapan strategi Account Officer dalam implementasi pembiayaan Bank Aceh Syariah? dan Bagaimana peluang dan ancaman yang akan terjadi dalam kesiapan strategi account Officer dalam implementasi pembiayaan Bank Aceh Syariah?. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui Bagaimana kekuatan dan kelemahan kesiapan strategi Account Officer dalam implementasi pembiayaan Bank Aceh Syariah dan Untuk mengetahui Bagaimana peluang dan ancaman yang akan terjadi dalam kesiapan strategi Account Officer dalam implementasi pembiayaan Bank Aceh Syariah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan pencatatan. Penelitian ini dideskripsikan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif umumnya dapat digunakan untuk mempelajari kehidupan masyarakat, sejarah, perilaku, fungsionalisasi organisasi, kegiatan sosial. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan karena penelitian ini mengamati langsung di lapangan sehingga dapat diamati fenomena yang terjadi yaitu penerapan analisis SWOT dalam pembiayaan. Temuan menunjukkan bahwa ada 3 kategori: Produk pembiayaan. Produk yang menggunakan prinsip jual beli, seperti murabahah, salam, dan istishnâ, dan produk yang menggunakan prinsip sewa, yaitu ijarah. Produk bagi hasil yang termasuk dalam kategori ini adalah musyarakah dan mudharabah. Strategi tersebut dilaksanakan melalui pendekatan dan pengembangan personal disertai dengan beberapa keterampilan penting, yaitu: Keterampilan menyimak dan berbicara yang efektif. Analisis SWOT yang dihasilkan adalah: Kekuatan (lokasi strategis, pesaing sedikit, produk banyak). Kelemahan (kelemahan pemahaman masyarakat terhadap hukum Syariah di Bank Aceh). Peluang (mayoritas Muslim Aceh). Ancaman (emerging lembaga keuangan Islam).

Article Details

How to Cite
Rahmah Yulianti, & Hamdiah, C. (2023). Analisis Swot Kesiapan Strategi Account Officer Dalam Implementasi Pembiayaan Bank Aceh Syariah. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 1838–1846. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i5.1480
Section
Articles

References

Bank Aceh Syariah. (n.d.). Sejarah Singkat Perusahaan. Bank Aceh Syariah. https://www.bankaceh.co.id/?page_id=82#:~:text=Sejarah baru mulai diukir oleh,konvensional menjadi sistem syariah seluruhnya.

Mustaqfirin, M. U. (2020). Analisis Strategi Account Officer (AO) Dalam Mencapai Target Pembiayaan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah Tanmiya Artha Kediri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(1), 187-200.

Muzakki, S. (2022). Analisis Swot Kesiapan PT. Bank Aceh Syariah Dalam Implementasi Pembiayaan Bagi Hasil Sesuai Amanat Qanun Nomor 11 Tahun 2018 (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

Syakir, A. (2014). Peran Account officer dan perkembangan pembiayaan pada perbankan syariah. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 18(1), 87-96.

Sri, W. (2023). Analisis Swot (Strength, weaknesses, Opportunit, Threats) Dalam Studi Kelayakan Pengajuan Pembiayaan di Bank Rakyat Indonesia Unit Kademangan KCP Bondowoso (Doctoral dissertation, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER).

Yulianti, R. (2020). Pengaruh Peran Dan Kualitas Pelayanan Accounting Officer (Ao) Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah Dan Musyarakah Pada Perbankan Syariah Kota Banda Aceh. Journal Of Economic Science (JECS), 6(2), 115-130.

Most read articles by the same author(s)