Analisis Ekspor Komoditas Pertanian di Indonesia

Main Article Content

Osi Hayuni Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dan besar pengaruh ekspor komoditas pertanian tanaman musiman, pertanian tanaman tahunan dan pertanian tanaman hias dan perkembangbiakan tanaman terhadap total ekspor di Indonesia. Salah satu tolak ukur penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi suatu Negara adalah pertumbuhan ekonomi yang menggambarkan suatu dampak nyata dari kebijakan pembangunan yang dilaksanakan. Pertumbuhan ekonomi berkaitan erat dengan proses peningkatan produksi barang dan jasa dalam kegiantan ekonomi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi akan tercapai apabila setiap wilayah atau Negara yang memiliki potensi ekonomi yang dapat diberdayakan seoptimal mungkin dan didukung dengan pemberdayaan ekonomi daerah. ekspor adalah kegiatan pengiriman barang keluar dari daerah pabean Indonesia memasuki daerah pabean negara lain dengan aturan-aturan tertentu mengenai barang dan sistem pengangkutannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas yang tergolong dalam pendekatan kuantitas yaitu penelitian yang disusun untuk melihat kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antar variabel, sehingga peneliti dapat menyatakan klasifikasi variabel-variabelnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Nilai ekspor komoditas pertanian tanaman musiman, pertanian tanaman tahunan, pertanian tanaman hias dan perkembangbiakan tanaman terhadap total ekspor di Indonesia yang dibuktikan dengan nilai fhitung lebih besar dari nilai ftabel (13,830 > 4,76) dan nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat alfa (0,004<0,05). Besarnya pengaruh nilai ekspor komoditas pertanian tanaman musiman, pertanian tanaman tahunan, pertanian tanaman hias dan perkembangbiakan tanaman terhadap total ekspor di Indonesia adalah sebesar 87,4%, sedangkan sisanya 12,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Putri, O. H. (2023). Analisis Ekspor Komoditas Pertanian di Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 937–942. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1213
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik 2021. Statistik Ekspor dan Impor Indonesia Badan Pusat Statistik.

Boediono,2008. Ekonomi Mikro. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Gujarati, Damodar. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika. Buku 1 Edisi 5. (diterjemahkan oleh Eugenia Mardanugraha, dkk). Jakarta. Salemba Empat.

Hady. Hamady. 2009. Ekonomi Internasional. Cetakan Kelima. Jilid Satu. Ghalian Indonesia.

Hamdy, H., 2009. Ekonomi Internasional: Teori dan Kebijakan Keuangan Internasional, edisi kedua, Gralia Indonesia.

Jhingan, M.L. 2008. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Joesron, Tati Suhartati dan M. Fathorrozi. 2003. Teori Ekonomi Mikro. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Krugman, P.R., 2004. Ekonomi International; Teori dan Kebijakan, Indeks.

Mankiw, G., 2009. Principles of Economics: Pengantar Ekonomi Makro, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Nopirin, 2000. Pengantar Ekonomi Makro dan Mikro, Yogyakarta : BPFE.

Pracoyo, Tri Kunawangsih. dan Antyo Pracoyo. 2005. Aspek Dasar Ekonomi Makro di Indonesia. Jakarta : PT Grasindo.

Santoso, Singgih. 2001. Mengelolah data statistik secara profesional. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Salvatore, D., 2007. International Economics, 9th Edition, Wiley & Sons, Inc., terjemahan Erlangga Jakarta.