Pengaruh Self Efficacy Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variable Intervening Pada Puskesmas Mekarmuti Cikarang Utara

Main Article Content

Penina Br Siregar
Novi Fitria Hermiati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi pengaruh beban kerja dan self efficacy terhadap kinerj pegawai yang diukur dengan kepuasan kerja di Puskesmas Mekarmukti Cikarang Utara. pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. seluruh tenaga kerja puskesmas mekarmukti cikarang utara merupakan populasi penelitian. 85 orang yang menjadi sampel. purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. kuesioner, tinjauan pustaka, danmetode observasi digunakan untuk memperoleh data. strategi untuk menganalisis data secara kuantitatif. analisis SEM, juga dikenal sebagai model persamaan struktural adalah metodologi penelitian yang di gunakan. untuk pengolahan data dalam penelitian ini digunakan Linear Structural Model (LISREL) versi 8.80. menurut temuan penelitian, self efficacy dan beban kerja secara parsial memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja pegawai, tingkat kepuasan yang rendah sehingga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadp kinerja, self efficacy memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, berbeda dengan beban yang hasilnya sebaliknya, kepuasan kerja bukanlah variabel mediasi seperti yang ditunjukkan denganmenilai dmpak langsung dan tidak langsung.  

Article Details

How to Cite
Siregar, P. B., & Novi Fitria Hermiati. (2023). Pengaruh Self Efficacy Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variable Intervening Pada Puskesmas Mekarmuti Cikarang Utara. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 727–735. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1127
Section
Articles

References

Ahmad, Yuliya, Bernhard Tewal, and Rita N Taroreh. 2019. “Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Fif Group Manado the Effect of Work Stress, Workload, and Work Environment on Employee Performance At PT. FIF Group Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(3): 2303–1174.

Ajimat, Aini, Nur, Saksono Budi, Fakultas Ekonomi, and Universitas Pamulang. 2020. “Pengaruh Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Dana Mandiri Sejahtera Cabang Sepatan.” Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(3): 1–10.

Alwi, Arfian, and Dan Indra Suhendra. 2019. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa 3(1): 72–93. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM.

Arfani, M Rizal, and Bachruddin Luturlean. 2018. “Pengaruh Stres Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Sucofindo Cabang Bandung.” e-Proceeding of Management 5(2): 2770–85. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6981/6880.

Awba, Rizki, and Anne Putri. 2021. “The Influence of Self Efficacy and Organizational Culture on Employee Performance Through Employee Job Satisfaction As an Interverning Variable At the Payakumbuh City Regional Financial Board.” Jurnal PROFITA: Akuntansi dan Bisnis 2(1): 28–41.

Darmawan, Akhmad. 2021. “Pengaruh Efikasi Diri, Karakteristik Pekerjaan Dan Perilaku Kewargaan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Pada Karyawan Java Heritage Hotel Purwokerto.” Derivatif : Jurnal Manajemen 15(2): 342–53.

Diana, Yana. 2019. “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Housekeeping Departement Pada Hotel Bintan Lagoon Resort.” Jurnal Manajemen Tools 53(9): 193–205.

Goldwin et al. 2019. “Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tanimas Soap Industries (Perusahaan Manufaktur Dan Eksportir Sabun ).” Jurnal Riset Manajemen & Bisnis 4(1): 36–45.

Gunawan, Asep, and Alfiyah Alfiyah. 2019. “PENGARUH PERSON-JOB FIT DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS BEBER CIREBON).” Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi 14(1): 166–73. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/VL/article/view/733.

Haryono Sulistyo, Darmadi Roby. 2022. “Pengaruh Efikasi Diri Dalam Blended Learning Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Pariwisata Di Jakarta Dengan Student Engagement Sebagai Variabel Intervening.” journal of tourism and education 6(8.5.2017): 2003–5.

Hermingsih, Anik, and Desti Purwanti. 2020. “PENGARUH KOMPENSASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI.” JURNAL DIMENSI 9(3): 574–97. https://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/2734.

Islamy, Fahmi Jahidah. 2019. “Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun.” Jurnal Indonesia Membangun 18(2): 30–44.

Janib, Jamali et al. 2021. “The Relationship between Workload and Performance of Research University Academics in Malaysia: The Mediating Effects of Career Commitment and Job Satisfaction.” Asian

NABILA ARDELA. 2022. “Penurunan Motivasi Hingga Burnout, Ini Dampak Job Insecurity Terhadap Kinerja Karyawan.” https://www.parapuan.co/read/533082199/penurunan-motivasi-hingga-burnout-ini-dampak-job-insecurity-terhadap-kinerja-karyawan?page=2.