Pengaruh Fasilitas, Pelayanan, Harga Dan Pemberian Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Warnet @N-Kom Net)

Main Article Content

Tri Utama Tambunan
Yuniman Zebua
Junita Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh fasilitas, pelayanan, pemberian diskon dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada warnet @N-Kom Net. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulaan data dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen warnet @N-Kom Net sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik regresi linier berganda, (uji t), (uji F) dan koefesien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa secara Parsial Fasilitas berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warnet @N-Kom Net. Secara Parsial Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warnet @N-Kom Net karena kurangnya jumlah pekerja pada warnet @N-Kom Net membuat kinerja pegawai menjadi lambat. Secara Parsial Harga tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warnet @N-Kom Net karena harga yang diberikan oleh Warnet @N-Kom Net cenderung sama dengan harga yang terdapat pada warnet lainnya. Secara Parsial Pemberian Diskon tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warnet @N-Kom Net karena pemberian diskon hanya diberikan kepada orang-orang tertentu dan warnet @N-Kom Net tidak pernah memberikan diskon secara terang-terangan. Secara Simultan Variabel Fasilitas, Pelayanan, Harga dan Pemberian Diskon secara bersama tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warnet @N-Kom Net.

Article Details

How to Cite
Tambunan, T. U., Yuniman Zebua, & Junita Lubis. (2023). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan, Harga Dan Pemberian Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Warnet @N-Kom Net). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 642–649. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1099
Section
Articles

References

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Baskara, I. B. (2015). Pengaruh potongan harga (discount) terhadap pembelian tidak terencana (Impulse Buying)(studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Manajemen Bisnis, 5(2).

Bhuwana, R., Bagus, M., & Sudiksa, I. B. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pemakaian Ulang Jasa Service Pada Bengkel Toyota Auto 2000 Denpasar. Udayana University.

Fandy, T., & Gregorius, C. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Firdaus, I., & Kasmir, A. N. (2021). Pengaruh price earning (PER), earning per share (EPS), debt to equity ratio (DER) terhadap harga saham. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 40–57.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2).

Oetama, S., & Sari, D. H. (2017). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 195527.

Ramli, S. (2013). Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Visimedia.

Rangkuti, F. (2011). Dongkrak Penjualan Melalui Strategy & Competitive Positioning. Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 117–124.

Siboro, R. M., & Suhardi, S. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Tokopedia Di Batam. Jurnal Ekuivalensi, 6(1), 118–132.

Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 4(1).

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.