Pengaruh Kompleksitas Audit, Due Professional Care Dan Transparansi Terhadap Kualitas Audit

Main Article Content

Natarisa Putri Genisa
Hisar Pangaribuan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna mendapatkan hasil dari potensi yang berdampak pada kualitas audit yang dimana akan menghasilkan pengaruh terhadap tingkat hasil dari audit yang bermutu. Hal yang dipercaya dapat mempengaruhi kualitas audit dalam penelitian ini diantaranya ialah pengaruh adanya kompleksitas audit, due professional care dan transparansi yang diteliti dari para auditor yang ada pada Kantor Akuntan Publik di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Analisa dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dengan jenis data kuantitatif dan sumber data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada masing masing auditor pada setiap Kantor Akuntan Publik. Pengumpulan data daripada penilitian ini berjenis angket dengan berbentuk kuesioner sejumlah 50 sampel, masing masing pengukuran nya menggunakan skala interval 1 sampai 5. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kompleksitas audit, due professional care, transparansi memberikan dampak yang baik dan hasil yang berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas audit.

Article Details

How to Cite
Genisa, N. P., & Hisar Pangaribuan. (2023). Pengaruh Kompleksitas Audit, Due Professional Care Dan Transparansi Terhadap Kualitas Audit. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 201–210. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i2.1034
Section
Articles

References

Suprapto, F. M. (2020). Pengaruh Kompleksitas Tugas Terhadap Kualitas Audit Dengan Disfungsional Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Akuntansi, 13(2), 151-164.

Andrian, F., Rahayu, S., Herawaty, N., & Rahayu. (2022, Oktober). Pengaruh Locus of Control, Emotional Quotient, Skeptisme Dan Kompleksitas Tugas terhadap Kualitas Audit Di KAP Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1350-1355.

Suryana, A. (2019, April). Pengaruh Kualitas Audit Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Pada Inspektorat Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomedia, 8(1).

Dewi , N. R., & Putra, I. S. (2022, Januari). “Pengaruh Time Budget Pressure, Kompleksitas Audit, Kompetensi Auditor, Dan Integritas Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik Di Provinsi Bali”. Hita Akuntansi dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia.

Badewin, & Maryanti, S. U. (2021, Desember). Pengaruh Kompleksitas Audit Dan Time Budget Pressure Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik Di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi dan Keuang, 10(2).

Pratiwi, I. D., Suryandari, N. A., & Susandya, A. A. (2019, Desember). Peran Independensi, Tekanan Waktu, Kompleksitas Tugas, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(2), 136 - 146.

Savitri, P. I., & A. A. N. B. Dwirandra. (2018, Februari). Time Budget Pressure Sebagai Pemoderasi Pengaruh Due Professional Care dan Pengalaman Audit Pada Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1112-1140.

Megayani, N., Suryandari, N., & Susandya, A. A. (2020). Pengaruh Independensi, Due Professional Care dan Locus Of Control Terhadap Kualitas Audit Dengan Pengalaman Auditor Sebagai Variabel Moderasi Pada KAP di Provinsi Bali. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 133-150.

Fathimah, S. H. (2019). Pengaruh Due Professional Care, Independensi, Kompetensi Dan Fee Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta).

Permatasari, A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Semarang).

Br Manalu, T. (2018). Pengaruh Akuntabilitas, Kode Etik, Transparansi, Dan Fee Audit Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus: KAP di JABOTABEK).

Rohman , A. (2018, Oktober 02). Pengaruh Kompleksitas Tugas, Tekanan Anggaran Waktu, Dan Independensi Auditor Terhadap Perilaku Disfungsional Auditor Dan Implikasinya Pada Kualitas Audit. Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa, 3(2).

Pratiwi, I. D., Suryandari, N. A., & Susandya, A. A. (2019). Peran Independensi, Tekanan Waktu, Kompleksitas Tugas, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(2), 136 - 146.

Savitri, P. I., & A. A. N. B. Dwirandra. (2018, Februari). Time Budget Pressure Sebagai Pemoderasi Pengaruh Due Professional Care dan Pengalaman Audit Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1112-1140.

Rahmawati, W. (2018, Agustus 30). keuangan.kontan.com. Retrieved from https://keuangan.kontan.co.id/news/kasus-snp-finance-sri-mulyani-resmi-jatuhkan-sanksi-ke-deloitte-indonesia

Fathimah, S. H. (2019, Juli). Pengaruh Due Professional Care, Independensi, Kompetensi Dan Fee Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta).

Patriandari, & Heryanto, P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Due Professional Care Terhadap Kualitas Internal Audit Pada PT. OTO Multiartha Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1).

Zulkifli , U., Syawalina, C. F., & Khairunnisa. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Instansi Inspektorat Aceh. Kolegial, 6(2).

Permatasari, A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Semarang) .

Bata, M. E. (2021). ENGARUH KEPEMILIKAN ASING, KOMITE AUDIT INDEPENDEN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP TRANSPARANSI INFORMASI. URNAL ILMIAH MAHASISWA AKUNTANSI, 10(2).

BR MANALU, T. (2018). PENGARUH AKUNTABILITAS, KODE ETIK, TRANSPARANSI, DAN FEE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus: KAP di JABOTABEK).

Agustini, T. (2020). Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure Dan Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit Di Bursa Efek Indonesia.

Situmorang, M. R., & Pangaribuan, H. (2021, Agustus). Studi Terkait Profitabilitas Dan Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomis, 14(2).

Butar butar, A. P., & Pangaribuan, H. (2022). Pengaruh Kualitas Audit, Auditor Client Tenure Dan Opinion Shopping Terhadap Penerimaan Opinion Going Concern. Journal Scientific Of Mandalika, 3(11).

Fajriyah, F., & Damayanti, E. (2018). Pengaruh Independensi, Pengalaman Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kap Dbsd&A. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 15(3).

Putri, D. I. (2020, November 3). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Audit Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Audit", Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/diella62156/5fa0b496d541df71195c7f73/faktor-faktor-yang-. kompasiana.