Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Gereja Isa Almasih Jemaat Purwodadi pada Platform Android

Main Article Content

Henoch Juli Christanto
Sandra Oktaviani B Widiarto
Stephen Aprius Sutresno
Dominikus Vieri Tegar Linestyo

Abstract

Gereja merupakan komunitas beriman kepada Yesus Kristus yang melakukan berbagai kegiatan keagamaan. Dalam mengelola kegiatan yang padat tersebut, pusat administrasi gereja sering menghadapi risiko kesalahan manusia. Menghadapi tantangan digitalisasi, muncul ide untuk menciptakan sebuah aplikasi sistem informasi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, yaitu aplikasi pusat informasi gereja. Tujuan dari aplikasi ini adalah membantu kelancaran kegiatan gereja dan mempermudah proses administrasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi pusat informasi gereja yang dikembangkan dapat diakses oleh seluruh anggota gereja melalui platform Android. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi membantu mempermudah proses penerimaan informasi gereja dan administrasi. Tampilan aplikasi juga diterima dengan baik oleh para jemaat. Skor rata-rata dari pengukuran tingkat daya guna sistem menggunakan metode SUS adalah 72, yang dapat dikategorikan sebagai grade scale C dengan adjective ratings good

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Christanto, H. J., Widiarto, S. O. B., Sutresno, S. A., & Linestyo, D. V. T. (2024). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Gereja Isa Almasih Jemaat Purwodadi pada Platform Android. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 8(1), 145–154. https://doi.org/10.35870/jtik.v8i1.1371
Section
Computer & Communication Science
Author Biographies

Henoch Juli Christanto, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Sandra Oktaviani B Widiarto, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Stephen Aprius Sutresno, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Dominikus Vieri Tegar Linestyo, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

References

Susanto, H., 2019. Gereja Yang Berfokus Pada Gerakan Misioner. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1), pp.62-83.

Suharyadi, S., Maria, E., Gundo, A.J. and Sembiring, I., 2021. Digitalisasi Gereja Kristen Jawa Salatiga Timur: Solusi Pelayanan Jemaat Di Tengah Pandemi Covid-19. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), pp.243-249. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4046.

Tarigan, F.A., 2019. Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pada Gmi Medan Berbasis Android Online. Jurnal Times, 8(1), pp.48-53.

Kandai, B. and Manullang, E.V., 2020. Sistem Informasi Pendataan Jemaat Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi, 8(2), pp.26-37.

Bagindo, F.S.N., 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Gereja Pada Gereja HKBP Kamal Raya Ressort Cengkareng. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 5(1).

Widjaja, F.I., Marisi, C.G., Togatorop, T.M.T. and Hartono, H., 2020. Menstimulasi Praktik Gereja Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19. Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 6(1), pp.127-139. DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.166.

Katoch, R. and Rana, A., 2023. Online spiritual meets (OSMs) and user behavior–A divine application of technology during COVID-19. Computers in Human Behavior, 139, p.107514. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107514.

Septiani, E., Mulyani, S. and Sari, N.I., 2020. Kemampuan Orang Tua dalam Menanggapi Bahasa Pesan Singkat Anak-Anak terhadap Etika Berbahasa. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), pp.16-29. DOI: https://doi.org/10.47313/pujangga.v6i1.850.

Yanfi, Y. and Nusantara, P.D., 2023. UI/UX design prototype for mobile community-based course. Procedia Comput. Sci, 216(2022), pp.431-441.

Sunardi, S. and Fadli, S., 2018. Identifikasi Masalah Penerapan Metode Agile (SCRUM) Pada Pengembangan Perangkat Lunak Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat). Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(2), pp.14-18. DOI: https://doi.org/10.36595/misi.v1i2.37.

Pangaribowo, T., Gunardi, Y., Hajar, M.H.I., Andika, J., Dani, A.W. and Sirait, F., 2022. Pelatihan Perancangan Rangkaian Elektronika dengan Menggunakan Software Proteus untuk Siswa PKBM Wiyata Utama Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 3(1), pp.191-197. DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.557.

Andrian, D., 2021. Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Proyek Berbasis Web. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), pp.85-93. DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i1.729.

Christanto, H. J., and Sediyono, E., 2020. Analisa Tingkat Usability Berdasarkan Human Computer Interaction Untuk Sistem Pemesanan Tiket Online Kereta Api. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, [Online] Volume 10(2), pp. 163-172. DOI: https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp163-172.

Martins, A.I., Rosa, A.F., Queirós, A., Silva, A. and Rocha, N.P., 2015. European Portuguese validation of the system usability scale (SUS). Procedia computer science, 67, pp.293-300. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.09.273.

Thesing, T., Feldmann, C. and Burchardt, M., 2021. Agile versus waterfall project management: decision model for selecting the appropriate approach to a project. Procedia Computer Science, 181, pp.746-756. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.227.

Dhaifullah, I.R., Salsabila, A.A. and Yaqin, M.A., 2022. Survei Teknik Pengujian Software. Journal Automation Computer Information System, 2(1), pp.31-38. DOI: https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.42.

Wahid, A.A., 2020. Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi. J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp.1-5.

Sari, M.P., Setiawansyah, S. and Budiman, A., 2021. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework for the Application System Thinking)(Studi Kasus: Sman 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), pp.69-77. DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.1136.

MZ, M.K., 2016. Pengujian perangkat lunak metode black-box berbasis equivalence partitions pada aplikasi sistem informasi sekolah. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 6(1).

Puteri, M.P. and Effendi, H., 2018. Implementasi Metode RAD Pada Website Service Guide “Tour Waterfall South Sumatera”. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), pp.130-136. DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.570.

Baumgartner, J., Ruettgers, N., Hasler, A., Sonderegger, A. and Sauer, J., 2021. Questionnaire experience and the hybrid System Usability Scale: Using a novel concept to evaluate a new instrument. International Journal of Human-Computer Studies, 147, p.102575. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2020.102575.

Christanto, H.J., 2022. Game theory analysis on marketing strategy determination of KAI Access and Traveloka based on usability of HCI (Human-Computer Interaction). Journal of Information Systems and Informatics, 4(3), pp.665-672. DOI: https://doi.org/10.51519/journalisi.v4i3.300.

Pal, D. and Vanijja, V., 2020. Perceived usability evaluation of Microsoft Teams as an online learning platform during COVID-19 using system usability scale and technology acceptance model in India. Children and youth services review, 119, p.105535. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105535.

Gulfan, C.N.A.M. and Vilela-Malabanan, C.M., 2022. Evaluating the usability and user experience of phytoplankton cell counter prototype. Procedia Computer Science, 197, pp.309-316. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.145.

Finstad, K., 2010. The usability metric for user experience. Interacting with computers, 22(5), pp.323-327. DOI: https://doi.org/10.1016/j.intcom.2010.04.004.