Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC di Kota Banda Aceh

Main Article Content

SARBOINI
Nurfiani SYAMSUDDIN
MARIATI
M. Shiddiq Aulia JAMIL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan KFC di Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan KFC di Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik convenience sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan KFC di Kota Banda Aceh. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,579 menunjukkan bahwa hubungan (korelasi) antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 0,625 atau 62,5%, artinya loyalitas pelanggan KFC di Kota Banda Aceh mempunyai hubungan yang sedang dengan variabel kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2). Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,390, artinya setiap perubahan-perubahan dalam variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) sebesar 0,390 atau 39% dan sisanya sebesar 61% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini misalnya citra merek, kepuasan pelanggan, harga, kepercayaan, lokasi, promosi dan lain-lain.

Article Details

How to Cite
SARBOINI, SYAMSUDDIN, N. ., MARIATI, & JAMIL, M. S. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC di Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 8(1), 34–46. https://doi.org/10.35870/jemsi.v8i1.642
Section
Articles
Author Biographies

SARBOINI, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

Nurfiani SYAMSUDDIN, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

MARIATI, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

M. Shiddiq Aulia JAMIL, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

References

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Arumsari, Dheany. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro: Semarang.

Dien, Oroh dan Soepeno (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Tampilan Fisik, Dan Mutu Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Ayam Kuning Lalapan Jogja. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16 No. 02 Tahun 2016. Universitas Sam Ratulangi: Manado.

Durianto, dkk. (2014). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Griffin. (2013). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS. (Center For Academic Publishing Service).

Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Kotler, Philip, dan Gary, Amstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerjemah Imam Nurmawan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Lestari, Natalia Puji dan Hermani, Agus. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Al-Zena Skin Care Pati Cabang Winong). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.

Lestari, Ani dan Yulianto, Edy. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 54 No. 1 Januari 2018. Universitas Diponegoro Semarang.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Minawati, Azria Rahma. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Wardah di Universitas Muhammadiyah. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mowen, Jhon dan Minor. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nugroho, J. Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Kencana.

Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, Djaslim. (2013). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaa, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya.

Sinta, Agustina. (2013). Manajemen Pemasaran. Malan;g UB Press

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriyatmini, Tuti. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Baitul Maal Wattamwil (BMT) ”Anda” Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Tjiptono, Fandy. (2014). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Wahyudi, Ahmad Farid. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Resto Ayam Nelongso Sawojajar). Jurnal Riset Manajemen. Universitas Islam Malang.

Yamit, Z. (2014). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonosia.

Most read articles by the same author(s)