Pengaruh Pengawasan, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh

Main Article Content

Putri MAULIZA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan, disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. Populasi penelitian ini berjumlah 83 orang pegawai, dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus sehingga sampel dalam penelitian ini 83 orang pegawai. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, hal ini dibuktikan bahwa pengawasan dan disiplin kerja merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 60,6% dan sisanya sebesar 39,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari pada penelitian ini, misalnya penghargaan, kompensasi, budaya organisasi, disiplin kerja dan lain-lain. Nilai koefesien korelasi (R) menunjukkan bahwa derajat hubungan (korelasi) antara pengawasan dan disiplin kerja dengan kinerja pegawai sebesar 77,8%, artinya kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh mempunyai hubungan yang erat dan positif dengan pengawasan dan disiplin kerja. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa pengawasan dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, dengan nilai Fhitung>Ftabel (81,932>3,112). Sedangkan secara parsial pengawasan dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, dengan nilai thitung>ttabel (3,300 dan 5,121>1,989). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel disiplin kerja (X2) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, dengan nilai koefisien sebesar 0,487, kemudian diikuti oleh variabel pengawasan (X1) dengan nilai koefisien sebesar 0,281

Article Details

How to Cite
MAULIZA, P. (2020). Pengaruh Pengawasan, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 6(2), 71–81. https://doi.org/10.35870/jemsi.v6i2.340
Section
Articles
Author Biography

Putri MAULIZA, Universitas Serambi Mekkah

Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah, Jalan Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

References

Aprianita, Riza. 2013. Pengaruh Pengawasan, Komitmen Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. Jurnal.UniversitasNegeri Padang: Padang.

Arikunto, S. 2011. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Rineka Cipta: Jakarta.

Bonar P. Silalahi, KhairaAmalia F, danMuslichLufti. 2014. Pengaruh Motivasi, Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan Dan Kekayaan Daerah KabupatenTapanuli Tengah. Jurnal.Universitas Terbuka: Tapanuli.

Dharma, Surya. 2009. Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Penerbit Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Fathoni, Abdurrahmat. 2009. Manajemen Sumber daya Manusia. Rineka Cipta: Jakarta.

Handoko, T. Hani. 2009.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE: Yokyakarta.

Harahap, SofyanSyafri. 2011. SistemPengawasanManajemen. Pustaka Quantum: Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja SektorPublik. Upp STIM YKPN: Yokyakarta.

Mahsun, Mohamad, 2009. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Penerbit BPFE: Yogyakarta.

Maisyura.2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Walikota Banda Aceh.Skripsi. Universitas Serambi Mekkah: Banda Aceh.

Malthis, Robert. L dan Jackson, John H. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat: Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013.Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan. PT. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Maringan. 2010.Dasar-dasar dan Administrasi Manajemen. Penerbit Pustaka Quantum: Jakarta.

Moeheriono.2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. PenerbitGhalia Indonesia: Bogor.

Mulyadi.2009. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen Sumber Daya Manusia.EdisiKesatu. CetakanKedua. SalembaEmpat: Jakarta.

Nawawi, Hadari.2008.Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Nitisemito, S Alex.2010. Dasar-dasar Manajemen. Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.

Rahayu, EtiDwi. 2008. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengawasan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang.Skripsi.UniversitasNegeri Semarang: Semarang.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Rivai, Veithzal dan Basri. 2009. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Penerbit Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella J. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sarboini. 2016. Performance of Employees and Impect On Promotion of Posision. Jurnal Ilmiah Peuradeun Vol. 4, No. 1, January 2016 hal ( 103-113).

Saydam, Gouzali. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Toko Gunung Agung: Jakarta.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kelima. Rafika Aditama: Bandung.

Setiyawan,PurnomoBudhidanWaridin.2009. Pengaruh DisiplinKerja Karyawan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi RSUP DokterKariadi Semarang.Jurnal.Universitas Islam Sultan Agung: Semarang.

Siagian, Sondang. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta..

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Penerbit Alfabeta: Bandung.

Sutrisno, Edi. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Winardi. 2011. Motivasi Pemotivasiaan. Penerbit PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta