Pengaruh Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Pada Hotel Bintang Empat Dan Bintang Lima Di Kota Bandung

Main Article Content

Ade Mardiah Hayati
Fitriani Fajar
Tata Dibrata
Marcelina Utami Ngesti
Sunandie Eko Ginanjar

Abstract

Perkembangan globalisasi yang terus berkembang dengan sangat pesat, menimbulkan berbagai pengaruh pada berbagai bidang kehidupan salah satunya adalah pariwisata. Hal ini menyebabkan pertumbuhan sarana komodasi seperti hotel, resort, villa maupun guesthouse juga terus bertambah. Kunjungan wisatawan yang meningkat menyebabkan para pelaku pariwisata khususnya hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 mulai berlomba-lomba untuk meningkatkan hunian kamar hotel. Travel Agent Online menjadi salah satu referensi Pengunjung dalam menentukan pemesanan kamar hotel di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Review Online terhadap Penentuan Pemesanan Kamar Hotel di Kota Bandung. Metode penelitian yaitu berupa kuantitatif kausal dengan 100 responden dan 50 hotel di Kota Bandung. Hasil penelitian akan dinyatakan melalui hasil hipotesis. Data penelitian menyatakan bahwa variabel Online Review berpengaruh signifikan atau positif terhadap Penentuan Pemesanan Kamar Hotel di Bandung dengan Indikator Location, Employee, Room Quality, dan Meal.

Article Details

How to Cite
Hayati, A. M., Fitriani Fajar, Tata Dibrata, Marcelina Utami Ngesti, & Sunandie Eko Ginanjar. (2023). Pengaruh Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Pada Hotel Bintang Empat Dan Bintang Lima Di Kota Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2613–2620. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1812
Section
Articles

References

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV.Alfabeta.

Amstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York.

Aini, T. N. (2020). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 88-98.

Ardianti, A.N. and Widiartanto, W., (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), pp.55-66.

Erialdy, E., Mulyanto, A. I., Prastowo, S. L., & Permana, A. I. (2021). Penilaian Prestasi Kerja Menggunakan Aplikasi Online Pada Pegawai Negeri Sipil. IKRAITH-EKONOMIKA, 4(1), 136-142.

Florence, Ferlita, A., & Harianto, A. (2019). Pengaruh online review terhadap purchase intention di hotel budget pada Online Travel Agent (OTA). Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 31–40.

Gerald, Leonardus. (2021). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Online Travel Agent Di Perissos Echo Beach. Politeknik Pariwisata Bali.

Husna, N. (2017, October 27). Online Travel Agent Sebagai Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relations Hotel. Diambil kembali dari Binus Malang-Institute of Creative Technology.

Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition of Global Edition England. Pearson Education Limited.

Mihalic, T. and Buhalis, D., (2013). ICT as a new competitive advantage factor–case of small transitional hotel sector. Economic and business review, 15(1), pp.33-56.

Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap minat beli pelanggan e-commerce. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 121-125.

Mayangsari, M., & Aminah, S. (2022). Pengaruh penilaian produk, promosi dan layanan COD (Bayar di tempat) Terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Sidoarjo. Ekonomis: Journal of economics and business, 6(2), 498-505.

Nursastri. (2018). 3 Aplikasi Travel yang Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia. Kompas.com

Priangga, I. and Munawar, F., (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Lazada (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Bandung). Jurnal Bisnis Manajemen dan Ekonomi, 19(2), pp.399-413.

Sarudin, R., (2021). Analisis Online Review TripAdvisor. com terhadap Minat Pembelian Produk Jasa Akomodasi di Hotel Manhattan. Jurnal Hospitality dan Pariwisata.

Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(6).