Analisis Perkembangan Kawasan Minapolitan dalam Mempengaruhi Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen)

Main Article Content

Azka Rizkina
T.M. Nurfaizi
Hakim Muttaqim

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pengembangan Kawasan Minapolitan Terhadap Aspek Ekonomi Masyarakat (khususnya pemilik tambak) di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 445, sedangkan sampel diambil sebesar 10%, sehingga banyaknya sampel adalah 44 orang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis data primer yang berupa wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis secara parsial, dimana data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22,00. Hasil penelitian diperoleh Pengembangan kawasan minapolitan memberikan perubahan terhadap jumlah pemilik tambak di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen yang mampu memenuhi seluruh aspek ekonomi secara maksimal. Pengembangan kawasan minapolitan berpengaruh terhadap aspek ekonomi pemilik tambak di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Berdasarkan pengujian hipotesis pada taraf signifikan 0,05 diperoleh bahwa pengembangan kawasan minapolitan tidak berpengaruh terhadap aspek ekonomi pemilik tambak di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.

Article Details

How to Cite
Azka Rizkina, T.M. Nurfaizi, & Hakim Muttaqim. (2023). Analisis Perkembangan Kawasan Minapolitan dalam Mempengaruhi Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 2261–2267. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i5.1601
Section
Articles

References

Adisasmita. (2018). Pengelolaan Sumber Daya Kelautan. Jakarta. Pradnya Pramita

Anisah, A, S Soedwiwahjono dan Nur Miladan. 2018. Analisis Perkembangan Wilayah Kecamatan Kartasura Sebagai Kawasan Strategis Cepat Tumbuh. Jurnal Tata Loka. 20(4):486.

Arifin, Teuku Zainal,Chaliluddin dan Siska Mellisa. 2017. Analisis FaktorFaktor Produksi Terhadap Hasil Tangkapan Purse Seine di TPI Ujong Baroh, Aceh Barat, Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. 2(3):389-395.

Asnira. (2017). Analisis Pengembangan Kawasan Minapolitan Dalam Menunjang Pembangunan di Kabupaten Bulukumba (Studi Kasus: Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba). Skripsi. Makasar. UIN Alauddin.

Hendrik. Dede. Pujo. Kurniawan. (2018). Evaluasi Dampak Program Pengembangan Kawasan Minapolitan Berbasis Perikanan Budidaya Bagi Masyarakat Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal. Surabaya. Universitas Airlangga.

Muchlisin, Z., Nazir, M., & Musman, M. (2012). Pemetaan Potensi Daerah Untuk Pengembangan Kawasan Minapolitan di Beberapa Lokasi dalam provinsi Aceh: Suatu Kajian Awal. Universitas Syaih Kuala, 2089-7790.

Olivia, D., Sanri, K. P., & Heidi, M. G. (2019). Pengembangan Kawasan Minapolitan Sebagai Potensi Wisata Perikanan di Kota Serang (Studi Kasus: Pelabuhan Karangantu). Program Studi Perencanaan Wilayah Kota, Institut Sains dan Teknologi Pradita, 419-431.

Rizal, F. I. (2021). Strategi Pengembangan Kawasan Minapolitan dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal (Studi pada Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan). Universitas Brawijaya, 21-34.

Rustiadi. Ernan. (2019). Pengembangan Kawasan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta