Analisis Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kota Batu

Main Article Content

Yoga Eka Saputra
Muchtolifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh jumlah objek wisata, jumlah wisatawan dan jumlah hotel terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor pariwisata di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan data sekunder atau time series dengan kurun waktu selama 10 tahun yaitu periode 2012-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan spss 16.0. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa secara keseluruhan variabel independen (Jumlah Objek Wisata, Jumlah Wisatawan, jumlah Hotel) berpengaruh positif signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Secara parsial jumlah objek wisata berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, jumlah wisatawan berpengaruh negatif dan tidak siginifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sedangkan jumlah hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor pariwisata di Kota Batu

Article Details

How to Cite
Saputra, Y. E., & Muchtolifah. (2023). Analisis Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kota Batu. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 2021–2028. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i5.1532
Section
Articles

References

Anggraini, Y. D. (2022). Dasar-Dasar Perhotelan. PT Kuantum Buku Sejahtera.

Ashoer, M., Revida, E., Simamarta, I. K., Nasrullah, Samosir, & N.M. Purba, S. (2021). Ekonomi Pariwisata. Yayasan Kita Menulis.

Feryanto, N. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Indonesia. UPP STIM YKPN.

Idris, H. A. (2016). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Maryati, S., Handra, H., & Muslim, L. (2021). Penyerapan Tenaga Keja dan Pertumbuhan Ekonomi menuju Era Bonus Demografi di Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Manusia, 95–107.

Muljadi, A. J., & Warman, H. . (2016). Kepariwisataan dan Perjalanan. Rajawali Pers.

Nainggolan, L. E., Purba, B., Sudarmanto, E., Nainggolan, P., Simarmata, A. H., & Damanik, D. (2021). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yayayan Kita Menulis.

Puspitasari, I., Saleh, M., & Yunitasari, D. (2018). Analisis Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Batu tahun 2011-2015. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi.

Subri, M. (2017). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan. Rajawali Pers.

Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Deepublish.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. . (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan.

Suyadarna, L., & Octavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Alfabeta.

Utama, I. G. B. R. (2014). Pengantar Industri Pariwisata (H. Rahmadhani & C. M. Sartono (eds.); 1st ed.). Deepublish.