Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Dana Pihak Ketiga, Loan to Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas dengan Suku Bunga Sebagai Variabel Moderasi (Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI)

Main Article Content

Nur Hidayanty
Julia
Abu Nizarudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio capital adequacy ratio (CAR), dana pihak ketiga (DPK) dan loan to deposit ratio (LDR) terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah suku bunga dapat memoderasi hubungan antara CAR, DPK, dan LDR dengan Profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data skunder dari laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2019-2021. Metode analisis yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa CAR memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas. DPK memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas dan LDR juga memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Suku bunga mampu memoderasi dan memperkuat pengaruh CAR terhadap ROA. Namun, suku bunga tidak memoderasi hubungan antara DPK, LDR, dan profitabilitas. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas perbankan Indonesia.

Article Details

How to Cite
Hidayanty, N., Julia, & Abu Nizarudin. (2023). Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Dana Pihak Ketiga, Loan to Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas dengan Suku Bunga Sebagai Variabel Moderasi (Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1423–1430. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1348
Section
Articles

References

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management. Edisi 15E, USA: Cengage Learning, Inc.

Hery. 2016. Rahasia Cermat dan Mahir Menganalisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo

Hery. 2019. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Grasindo.

Jayanti, E. D. 2021. Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal dan Tingkat Penyaluran Kredit terhadap Profitabilitas dengan Risiko Kredit sebagai Variabel Moderasi Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kartiningsih, N. N. 2019. Pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap Profitabilitas dengan Kredit yang disalurkan dan Tingkat Suku Bunga Sebagai Variabel Pemoderasi pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Cahaya Bina Putra. JSAM (Jurnal Sains, AKuntansi dan Manajemen), 1(2), 200-235).

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ken, G. 2021. Pengaruh CAR, NIM, NPL, LDR, dan BOPO terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2020 dengan Size Sebagai Variabel Kontrol. Skripsi. Universitas Tarumanegara.

Khasanah, U. 2021. Laba Memprediksi Arus Kas Masa Depan Lebih Baik Dibandingkan Arus Kas (Signalling Theory Study Before Pandemic Era). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan kreatif, 6(2), 49-59.

Malik, M. Q. 2020. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kecukupan Modal, dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Putera Batam.

Marsela, A. 2020. Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Inflasi Terhadap Profitabilitas Dengan Suku Bunga Sebagai Variabel Moderating Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Radenfatah Palembang.

Musfirah., Burhan, I., Afifah, N., & Sari, S.N. 2022. Metode penelitian Kuantitatif. Insan Cendekia Mandiri.

Nasution, N. Faruqi, F., & Rahayu, S. 2019. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur DI Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal STEI Ekonomi, 28(01), 153-171.

Nurjanah, N. I., & Hakim, A. D. M. (2018). PENGARUH WORKING CAPITAL TURNOVER, RECEIVABLE TURNOVER, INVENTORY TURNOVER DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Peri. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 21-40.

Oktaviana, R., & Hakim, A. D. M. (2020). ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, BIAYA OPERASIONAL DAN PENDAPATAN OPERASIONAL, LOAN TO DEPOSIT RATIO, DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Peri. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 49-60.

Puspitasari, N. 2020. Pengaruh Dana Pihak Ketiga Financing to Deposit Ratio, Kecukupan Modal, Risiko Pembiayaan dan Efisiensi Oeprasional terhadap Profitabilitas PT Bank BNI Syariah. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Putri, N. P. M. A. 2022. Pengaruh Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Politeknik Negeri Bali.

Rahayu M., & Sari, B. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(1), 69-76.

Rahmat, E. 2022. Pengaruh Tingkat Suku Bunga (BI Rate), Bagi Hasil, Inflasi dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah Bank BRI Syariah pada periode 2013-2017. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Riyadi, S. 2020. Banking Assets and Liability Manajement. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sari, A. M., Tho’in, M., & Putri, S. A. R. 2022. Analisis Pengaruh Pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga (DPK) Terhadap Laba Pada Bank BCA Syariah Periode 2012-2021. In Prosiding Seminar Nasional & Calll for Paper STIE AAS (Vol. 5, No.1, pp. 92-104)

Sari, L., & Fitri, H. Y. 2022. Pengaruh Loan To Deposit Ratio (LDR) Dan Biaya Oeprasional Dan Pendapatan Operasional (Bopo) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Bank BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(%). 6389-6400.

Sintiya, S. 2018. Analisis Pengaruh BOPO, FDR, dan CAR terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Periode 2012-2016 (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2012-1016). Skripsi. IAIN SALATIGa.

Siregar, Q. R., & Delia, M. 2022. Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non-Performing Loan, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Loan To Deposit Ratio Terhadap Return On Asset Pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Salman (Sosial dan Manajemen), 3(1), 36-48

Sobandi, D. 2022. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Risiko Pembiayaan, Kecukupan Modal dan Likuiditas terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Survei pada Bank Syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2014-2020). Skripsi. UniversitasSiliwangi.