Pengaruh Sikap Dan Kontrol Keprilakuan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Kota Timika

Main Article Content

Ignasius Narew
Rahmat Arapi
Ahmad Tomu
Johanis Nifanngeljau

Abstract

Tujuan dari riset ini ialah untuk secara langsung akan dapat mengetahui pengaruh sikap serta kontrol keprilakuan terhadap kepatuhan WP terhadap tingkat kepatuhan WP yang berada di Usaha Mikro Kecil dan Mengeha di Kota Timika. Adapun jenis riset yang akan digunakan ialah kuantitatif, sebagaimana dengan metode pengumpulan data dapat digolongkan menjadi beberapa bagian diantaranya kuesioner yang dalam bentuk tertutup. Populasi terjangkau yang mana akan dijadikan dalam riset ini berjumlah 45 UMKM dan menggunakan sampel sebanyak 45 UMKM. Teknik analisa data yang akan digunakan dalam riset ini ialah menggunakan anaisis regresi linier berganda serta yang akan dibantu dengan menggunakan software SPSS 26. Dari hasil riset ini sehingga dapat dinyatakan bahwa sikap dapat memberikan sebuah pengaruh yang secara signifikan serta positif terhadap kepatuhan WP yang ada pada pelaku UMKM serta kontrol kepibradian juga dapat memberikan sebuah pengaruh yang secara signifikan serta positif terhadap kepatuhan WP yang ada pada pelaku UMKM di Kota Timika. Unuk secara simulktan dapat dikatakan bahwa sikap serta kontrol kepribadian dapat memberikan sebuah pengaruh yang secara signifikan serta positif terhadap kepatuhan WP yang ada pada pelaku UMKM di Kota Timika.

Article Details

How to Cite
Narew, I., Rahmat Arapi, Ahmad Tomu, & Johanis Nifanngeljau. (2023). Pengaruh Sikap Dan Kontrol Keprilakuan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Kota Timika. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1068–1078. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1247
Section
Articles

References

Ajzen. (2002). Perceived Behavioral Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decission Processes, 50, 179–211.

Blanthorme. (2000). The Role of Opportunity and Beliefs on Tax Evasion. Structural Equation Analysis. Dissertation. Arizona State University.

Bobek dan Hatfield. (2003). An Investigation of the Theory of Planned Behavior and The Role of Planned Behavior and The Role of Moral Obligation in Tax Compliance. 15, 13–38.

Budhiartama dan Jati. (2016). Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan.

Damis. (2021). Upaya Pengembangan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam(PAI) Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal IDAARA, 1(1).

Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Rafika Aditama.

Indrihastuti. (2020). Kajian Penerapan Retribusi Terminal Landungsari Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Sopir Angkot. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(3).

Layli. (2014). Strategi Local Economy Development Dalam Program Minapolitan (Studi Pada Desa Wajak Kecamatan Wajak Kabupaten Malang). Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya.

Layli Yobapritika Putri. (2017). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Kontrol Keperilakuan Yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Yogyakarta. Jurnal Profita, 3.

Lis Naini Kurnia Wati. (2022). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Pengendalian Persepsi Perilaku Dan Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Studi Pada UMKM Wilayah Semarang). Skripsi Program Studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Maslahah. (2014). Pemikiran Asy-Syâtibî Tentang Maslahah Mursalah.

Mintje. (2016). Pengaruh Sikap, Kesadaran, Dan Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik (Umkm) Dalam Memiliki (NPWP) (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik UMKM Yang Terdaftar Di KPP Pratama Manado). Jurnal EMBA, 4(1), 1031-1043. ISSN 2303-1174.

Mukoffi et al. (2021). Karakteristik Wirausaha, Dan Kecangihan Teknologi Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecildan Menegah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19.

Putri. (2017). Pengaruh Leverage, Profitability, Ukuran Perusahaan Dan Proporsi Kepemilikan Institusional Terhadap Tax Avoidanc. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 1–11.

Saifudin Azwar. (2010). Metode Penelitian (Pustaka Pelajar (ed.)). Pustaka Pelajar.

Salsabilla, C. D. A. (2022). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Kontrol Keperilakuan Yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 17(1), 40-48. ISSN 1978-6069.

Suhendri. (2018). AnalisisSistem Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam MengukurKemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif. 8(1), 11–23.

Widyawati. (2019). Pengaruh Beberapa Jenis Media Tanam TerhadapProduksi Bunga Petunia Grandiflora (Petunia Grandiflora Juss). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Pertanian Dan BisnisUniversitas Kristen Setya Wacana, 21(2), 25–28.

Yustikasari. (2020). The Influence of CompanySize , Fixed Asset Intensity, Leverage, Profitability, and Political ConnectionTo Tax Avoidance. AFEBI Accounting Review (AAR), 2(2), 30–43.